Ritual Balimau Sultan di Kecamatan Pelalawan


(PelalawanNews.com) - Sebuah tradisi dari masyarakat Melayu Pelalawan, jelang masuknya bulan suci Ramadhan, umat muslim di daerah ini terlebih dahulu melakukan ritual mensucikan diri dengan madi balimau.
Sebelum diadakannya ritual mandi balimau atau disebut Potang Mogang ini oleh seluruh masyarakat muslim di Kabupaten Pelalawan, Ritual Balimau Sultan mengawali serangkaian kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan di daerah ini.
Bertempat ditepian sungai Hulu Bandar di komplek Istana Sayap Pelalawan prosesi adat Balimau Sultan digelar pada tanggal 23 juni kemarin. Mandi balimau ini merupakan kebiasaan turun temurun yang dilaksanakan oleh keluarga kerajaan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.
Bupati Pelalawan HM Haaris dalam sambutannya mengatakan bahwa ritual mandi balimau memiliki potensi wisata budaya dari Pelalawan.
Melalui kegiatan Balimau Sultan ini, masyarakat dapat memunculkan wisata wisata kuliner yang dikemas dalam pacging yang lebih baik, jelasnya
Lebih lanjut dikatakan Harris, disamping itu, bisa juga di ditampilkan produk produk lokal seperti souvenir souvenir.
Acara yang juga dihadiri oleh bupati Pelalawan HM Harris dan wakil bupati Drs, H Marwan Ibrahim, Sultan Pelalawan Kamaruddin Haroen, mantan Bupati Pelalawan HT Azmun Jaafar, MKA LAM Riau, HT Tenas Effendi, ketua LAM Riau Al Azhar, Ketua Ketua LKAM Pelalawan, T Edi Sabli, Ketua MKA LKAM Pelalawan H Syamsu Said Alwipara Kepala Dinas, Badan, Kantor, Kabag dilingkungan Pemda Pelalawan, para camat, tokoh adat, tokoh masyarakat beserta tamu undangan lainnya dan masyarakat yang antusias mengikuti prosesi Balimau Sultan.(apon)


Tanggal Galeri : Rabu,25 Juni 2014

 Sultan Pelalawan HT Kamruddin Haroen tengah melakukan ritual balimau sultan

 Bupati Pelalawan HM Harris menyiramkan air dalam ritual balimau sultan di Pelalawan

 Wakil Bupati Pelalawan H Marwan Ibrahim menyiramkan air dalam ritual Balimau Sultan di Pelalawan

 Bupati dan Wabup Pelalawan dan para ketua kerapatan adat pada kegiatan Balimau Sultan di Kelurahan Pelalawan

 Sultan Pelalawan HT Kamaruddin Haroen diapit oleh Bupati Pelalawan HM Harris bersama Hj Ratna Mainar Harris dan Wabup H Marwan Ibrahim bersama Hj Asnidar Marwan

 HT Ubaidillah membacakan petuah adat sebelum dimulainya ritual mandi balimau sultan

 Sambutan Sultan Pelalawan HT Kamaruddin Haroen

 Sambutan Bupati Pelalawan HM Harris

 Sambutan Ketua LAM Pelalawan HT Edi Sabli

 masyarakar antusias mengikuti jalannya ritual balimau sultan di Pelalawan