Desa Kampung Baru Butuh Puskesdes yang Presentatif

Selasa,25 Februari 2014 | 02:35:00
Desa Kampung Baru Butuh Puskesdes yang Presentatif
Ket Foto : Bhakti Husada

UKUI (PelalawanNews.com) – Salah satu program unggulan Pemerintah Daerah kabupaten Pelalawan yakni Pelalawan Sehat, program yang di cetuskan oleh orang nomor satu di kabupaten Pelalawan HM Harris ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan tarap kesehatan masyarakat dengan memberi akses yang mudah dari penyedia layanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Selain Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang di berikan kewajiban untuk melayani secara maksimal kebutuhan kesehatan masyarakat yang ada pada wilayah layanan puskesmas, untuk satu puskesmas akan melayani warga masyarakat yang berada di satu kecamatan.

Namun mengingat Kabupaten Pelalawan ini memiliki wilayah yang cukup luas dan persebaran penduduk yang tidak merata, maka untuk dapat menjangkau layanan ke masyarakat tingkat bawah yang ada di desa desa dibutuhkan Pusat Pelayanan Kesehatan Desa (Puskesdes).

Ujang P

Desa Kampung Baru Kecamatan Ukui saat ini mendambakan dibangunnya Puskesdes yang presentatif. Sehingga mutu dan kualitas layanan dapat secara maksimal di terima masyarakat.

“Kami harapkan, di desa Kampung Baru dibangun Puskesdes yang baru yang lebih layak lah” ujar Kades Kampung Baru, Parji kepada SP di ruang kerjanya

Di beberkan parji, Harapan untuk dibangunnya Puskesdes di Desa Kampung Baru, sudah diusulkan pihaknya pada Musrembang di tingkat Kecamatan Ukui yang dilaksnakan di Desa Air Mas.

“Keinginan di bangunnya Puskesdes yang layak di desa kami berdasarkan permintaan masyarakat pada saat Musrembang tingkat desa, dan telah kami teruskan pada musrembang tingkat Kecamatan Ukui baru baru ini” lanjutnya

Parji berharap pembangunan Puskesdes di desa nya dapat menjadi prioritas pembangunan Pemda Pelalawan, selain berkenaan dengan program Pemda Pelalawan, bangunan  yang ada sekarang sudah tidak memadai lagi.

“Kami harap pada Musrembang tingkat Kabupaten Pelalawan di bappeda nanti harapan masyarakat Desa kampung Baru dapat di akomodir” harapnya

Masih menurut Parji, kondisi Puskesdes yang ada di desa Kampung Baru baru saat ini sudah tidak layak untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal, memang harus ada pembangunan gedung baru.

“Bangunan yang dipakai untuk puskesdes itu sebelumnya adalah bekas kantor KUPT eks transmigrasi, karena sudah tidak terpakai maka dimanfaatkan untuk puskesdes, dan itu bangunan lama sekali”pungkasnya

 

Tulis Komentar
comments powered by Disqus