Timsel Loloskan Ketua Dewan Penasehat DPC PD Pelalawan

Senin,10 Februari 2014 | 11:17:00
Timsel Loloskan Ketua Dewan Penasehat DPC PD Pelalawan
Ket Foto : Seleksi Calon anggota KPUD Pelalawan

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com)- Polemik hasil seleksi calon anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pelalawan terus bergelinding bak bola salju. Ketidakpuasan atas keputusan Timsel yang meluluskan nama nama yang sudah terindikasi menjadi anggota Partai Politik (Parpol) terus disuara oleh para peserta seleksi yang sudah terjegal langkah mereka karena tidak lolos 10 besar yang diumumkan Timsel.

H Agustar SH yang disebut sebut merupakan anggota Partai Demokrat dan secara aktif ikut kegiatan PD Pelalawan telah dinyatakan lolos test wawancara Timsel dan masuk 10 besar calon anggota KPUD Pelalawan untuk mengikuti seleksi selanjutnya KPU Propinsi. Jabatan H Agustar  di struktur organisasi PD Pelalawan adalah posisi strategis sebagai Ketua Dewan Penasehat yang nama nya berada di lembar paling depan SK dari DPP PD.

Saat hal ini di konfirmasikan kepada H Agustar SH, pensuinan PNS ini mengatakan bahwa dirinya tidak pernah terlibat Partai Politik, sehingga dirinya merasa keberatan dikatakan anggota Parpol.

“Saya bukan orang Partai, dan tidak pernah terlibat persoalan Partai politik” tegasnya

Ketika disinggung bahwa dirinya pemegang surat sakti dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pelalawan untuk melanjutkan perjuangan memperebutkan kursi anggota KPUD Pelalawan periode 2014-2019, surat yang ditanda tangani Ketua dan Sekretaris DPC Demokrat Pelalawan berisikan keterangan yang menegaskan bahwa dirinya bukan anggota PD.

“Anas telah menanda tanganinya surat keterangan itu diatas meterai 6000, yang menerangkan bahwa saya bukan anggota PD.”terangnya

Terkait posisinya sebagai Ketua Dewan Penasehat DPC Demokrat Pelalawan berdasarkan SK DPP PD nomor: 08.09/SK/DPP.PD/DPC/V/2012, dijelaskan Agustar bahwa muncul namanya di susunan struktur organisasi DPC PD Pelalawan tanpa adanya pemberitahuan kepadanya sebelumnya.

“Saya tidak pernah diberi tahu sebelumnya, atau diajak untuk masuk ke dalam pengurus” jawabnya

Agustar melanjutkan bahwa muncul namanya di pengurus PD Pelalawan tanpa sepengetahuan dirinya, dan hanya pencatutan nama oleh petinggi PD Pelalawan.

“Itu lah, bisa dikatakan demikian” akunya

Namun dirinya mengakui bahwa nama nya tiba tiba muncul sebagai Ketua Dewan Penasehat DPC Partai Demokrat Pelalawan bukan dari pengurusnya melainkan dari informasi dari orang orang dekatnya.

“Saya juga heran, kok tiba tiba nama saya muncul, saya tahu, kata orang ada nama saya sebagai Ketua Dewan Penasehat” tandasnya

Sementara itu, ketika hal ini di konfirmasi ke Pimpinan DPC Partai Demokrat Kabupaten Pelalawan, ketika nomor kontak Ketua DPC Demokrat Pelalawan Drs H Anas Badrun di hubungi, sayang nomor tersebut tidak aktif, belakangan di ketahui mantan calon Bupati Pelalawan pada Pemilukada 2011 ini tengah melaksanakan Umroh di tanah suci.

Konfirmasi seterusnya di tujukan kepada Sekretaris DPC Demnokrat Pelalawan Monang Pasaribu, melalui sambungan seluler, Monang menegaskan bahwa nama Agustar tidak termasuk dalam susunan pengurus DPC Demokrat Pelalawan.

“Tidak, tidak, tidak pernah pak Agustar itu terdaftar di susunan pengurus Demokrat Pelalawan” tegasnya

Namun ketika disebutkan bahwa Agustar yang dimaksudkan merupakan calon anggota KPUD Pelalawan terdaftar di susunan pengurus DPC Demokrat Pelalawan sebagai Ketua dewan Penasehat, Monang memberi alasan bahwa nama Ketua Dewan Penasehat adalah Agustar yang lain, yang bekerja di RAPP.

“Bukan, bukan Agustar yang yang itu, yang jadi Ketua Dewan Penasehat itu Aguster, bekerja di RAPP , Aguster Sinaga” ujar Monang memberi alasan.

Lebih lanjut Monang menjelaskan, bahwa Agustar yang dimaksudkannya juga berprofesi sebagai pendeta.

“Aguster Sinaga, pendeta dia “ kata Monang berusaha menjelaskan

Namun ketika diberi tahu bahwa nama yang tercantum pada ketua Dewan Penasehat DPC Demokrat berdasarkan SK dari DPP PD, bahwa Agustar yang dimaksud berembel embel H di depan yang menunjukkan bahwa orang tersebut adalah Haji.

“Saya tidak tahu itu, saya lihat lagi nanti” katanya

Dan ketika di tanya apakah, sekretaris DPC Partai Demokrat Pelalawan tidak tahu nama ketua Dewan Penasehatnya, Monang meminta untuk mengakhiri pembicaraan dengan alasan sedang mengemudi kendaraan.

“Saya lagi mengemudi mobil saat ini” ujar Monang sambil menutup sambungan telepon.

Ketua Tim Seleksi calon anggota KPUD Pelalawan Dr Hidayat syah MA, ketika di hubungi via selulernya, untuk meminta penjelasan terkait diloloskannya H Agustar SH masuk 10 besar calon anggota KPUD Pelalawan padahal sudah terindikasi jelas masuk partai politik. Ketika nomor terhubung yang bersangkutan mengatakan bahwa dirinya tengah melakukan ujian kepada mahasiswanya.

“Saya tengah menguji mahasiswa yang lagi ujian” singkatnya

Sebelumnya, beberapa peserta seleksi calon anggota KPUD Pelalawan yang tidak lolos 10 besar menyatakan akan menggugat Timsel karena di nilai tidak profesional dan diragukan independensi dan integritasnya sebagai tim seleksi.

“Sudah sangat jelas ada permainan politik di dalam seleksi calon anggota KPUD Pelalawan, keputusan keputusan yang dikeluarkan Timsel terkait nama nama yang lulus seleksi sangat jelas sekali menunjukkan ketiadaan independensi mereka, masa anggota Parpol diloloskan” beber salah seorang peserta seleksi anggota KPUD Pelalawan yang digugurkan Timsel. ****

Dedi

Tulis Komentar
comments powered by Disqus