Optimalisasi Peran Majelis Ulama Indonesia

Dewan Pengurus Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Pelalawan Dilantik

Selasa,28 November 2017 | 10:26:00
Dewan Pengurus Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Pelalawan Dilantik
Ket Foto : Dewan Pengurus MUI Kecamatan Pelalawan Foto Bersama Ketua MUI Kabupaten dan Umara

PelalawanNews.com (PNC) -  Pengurus baru Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pelalawan masa hikmat 2017 – 2022 yang diketuai oleh Eri Azwan, resmi dikukuhkan di Balai Penghulu Koto Kecamatan Pelalawan Senin, 27/11. Melalui SK Nomor: 01/MUI-Kec.P/XI/2017, yang dibacakan lansung oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten Pelalawan H. Azwar Zainal, S.Ag.

Ketua MUI Kabupaten Pelalawan H Iswadi M Yazid LC, M.Sy dalam sambutannya, mengatakan, selain melantik dan mengukuhkan pengurus MUI Kecamatan Pelalawan, kegiatan ini juga sebagai mempererat silaturahmi anatara ulama dan dzu’ama.

“Semoga pertemuan hari ini menjadi keberkahan untuk kita, “ujarnya.

Iswadi juga menjelaskan bahwa MUI Adalah organisasi ulama yang secara sukarela, pengurusnya harus siap bekerja sosial, agama dan kemasyarakatan dan yang bisa meringankan yang berat.

“ MUI tidak sama dengan organisasi lainnya, MUI merupakan tempat ikhlas untuk beramal dan didalam MUI tidak ada yang namanya munas, kongres karena MUI menerapkan sistem syura atau musyawarah, sistem yang mengedepankan musyawarah, “jelasnya.

Iswandi berharap didalam menjalankan amanah sebagai pengurus MUI, hendaknya mengedepankan kepentingan umat.

“Hindarilah kepentingan-kepentingan golongan apalagi kepentingan pribadi, karena didalam MUI ini kita membentuk umat  yang berkualitas dengan menciptakan lingkungan yang baik dan bebas dari aliran sesat atau aliran sempalan apalagi radikalisme, “tegas Iswadi

Iswandi  menambahkan, MUI bersama Kepolisian, Camat, TNI dan lainnya harus berintegrasi menjadi Tim Penanggulangan Konflik Sosial,

“Konflik sosial bukan saja antar agama-agama, tetapi antar umat seagama. Karenanya, semua pihak harus saling berdampingan. Semuanya harus tertanggulangi konflik-konflik sosial , MUI harus menjadi benteng" harapnya.

Camat Pelalawan, Djoko Purnomo, S.Sos. M.Si menghaturkan selamat atas pelantikan pengurus baru MUI di Kecamatan Pelalawan. Pemerintah Kecamatan banyak menuai harapan kepada para ulama, agar terus kosisten membentengi umat, termasuk kompak menjalin komunikasi bersama Umara atau pemerintahan.

“Semoga setelah dilantik, pengurus MUI ini lebih fresh lagi membina umat dan umara,  sebab jika tidak adanya kekompakan antara ulama dan umara, maka dipastikannya pemerintahan tidak bakalan berjalan dengan baik, karena MUI merupakan mitra bagi pemerintah dalam menjalankan dan mendukung program pemerintah terutama PERDA Maghrib mengaji yang sudah di cetuskan oleh Bupati kita bapak M. Harris “ujar Camat

Djoko juga menegaskan bahwa dalam bingkai NKRI tidak terlepas dari wujud toleransi baik itu dalam kehidupan beragama maupun bernegara.

“Memang mengucapkan kata toleransi ini sangat mudah namun untuk menerapkannya sangat sulit karena terkadang tanpa disadari intoleran itu bisa terjadi. Kami pemerintah kecamatan juga berharap hendaknya MUI Kecamatan menjadi teladan ditengah-tengah umat yang haus dengan amal dan pengetahuan agama. Selain itu hendaknya MUI Kecamatan kembali mempelajari Fatwa-fatwa MUI yang ada, jangan nanti timbul Fatwa baru yang dikeluarkan oleh MUI Kecamatan dan untuk itu juga MUI Kecamatan harus sering berkoordinasi dengan MUI Kabupaten. “harap Camat (Fikri)

 

Tulis Komentar
comments powered by Disqus