Gaji Honorer di Bawah UMK

Senin,10 Februari 2014 | 10:49:00
Gaji  Honorer di Bawah UMK
Ket Foto : Kabag Keuangan, Hanafie M.Si

PANGKALAN KERINCI (Pelalawannews.com) - Untuk tahun 2014, pemerintah telah menetapkan besaran upah minimum, untuk Kabupaten Pelalawan para tenaga kerja di daerah ini akan menerima gaji perbulannya sebesar  1.7 juta, naik 18, 33 daritahun sebelumnya yang hanya sebesar 1.5 juta rupiah.

Namun kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tersebut tidak dapat dinikmati oleh para tenaga honorer di Pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan, Pemda Pelalawan masih tetap menggaji para pegawai di lingkungan Pemda Pelalawan yang non PNS ini sama pada tahun sebelumnya. Dari Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) satker pemerintah daerah dicantumkan gaji tenaga honorer sebesar 1.5 juta rupiah.

Pemda Pelalawan beralasan bahwa Penetapan UMK   hanya berlaku bagi karyawan yang bekerja pada sektor swasta di wilayah Kabupaten Pelalawan, sedangkan untuk tenaga honorer UU tenaga kerja tersebut di berlaku.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bagian Keuangan Kabupaten Pelalawan Hanafie M.Si mengatakan bahwa tenaga honorer itu beda dengan karyawan umumnya yang masuk kedalam kategori penerima gaji standard UMK.

“UU Ketenagaan kerjaan tersebut beda perlakuan nya kepada tenaga honorer kita, karena UU itu berlaku bagi karyawan swasta” jelasnya

Sedangkan untuk tenaga honorer di lingkungan Pemda Pelalawan, lanjut Hanafie ,penetapan gaji nya berdasarkan kemampuan keuangan daerah.

“Jadi gaji mereka di sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah” lanjutnya

Ketika ditanyakan apakah besaran gaji yang di terima pegawai honorer Kabupaten Pelalawan tidak memiliki standard minimun, Hanafie mengatakan bahwa walaupun besaran tidak ada ketetapan namun masih dipertimbangan kan kelayakannya.

“Dianggap layak lah, intinya” tandasnya

Apon Hadiwijaya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus