TM : Saya bukan yang terbaik, tapi karena bernasib lebih baik

Senin,20 Januari 2014 | 07:47:00
TM : Saya bukan yang terbaik, tapi karena bernasib lebih baik
Ket Foto : Drs H Tengku Mukhlis M.Si

Sekda yang baru Drs. H Tangku Mukhlis berbagi kisah tentang perjalanan hidup. Pria kelahiran Selat Panjang 46 tahun silam ini mengisahkan, masa pendidikannya dihabiskan di tanah kelahiran, mulai dari bangku SD sampai SMA ditempuhnya di negeri yang berada tepat di bibir Selat Malaka ini. Sempat menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian UNRI selama dua tahun, akhirnya memutuskan masa depannya dengan masuk APDN.

“Setamat APDN, semasa itu alumni APDN tidak diperbolehkan tugas di daerahnya, karena saya dikatakan sebagai orang Bengkalis, maka saya di tempatkan di Kabupaten Kampar, tugas pertama sebagai Sekretaris Camat Kecamatan Langgam yang waktu itu masih bernaung di Kabupaten Kampar sebelum terbentuknya Kabupaten Pelalawan,” tuturnya

TM melanjutkan kisahnya, Setelah memisahkan diri dari  Kabupaten Kampar dan terbentuknya Kabupaten Pelalawan, berbagai Kecamatan di mekarkan, dan Kecamatan Pelalawan pun terbentuk, dia lah Camat pertama di negeri yang menjadi cikal bakal Kabupaten Pelalawan yang terkenal dengan Istana sayap Kerajaan Pelalawan nya.

“Setelah dua tahun di Kecamatan Langgam, saya di percaya sebagai camat Pelalawan yang pertama, disana saya menjadi camat selama enam tahun” TM berujar.

Setelah menjalankan tugasnya dengan baik di Kecamatan Pelalawan, seterusnya pejabat yang dikenal dekat dengan awak media ini dipercaya sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabag Tapem) Sekretariat daerah Kabupaten Pelalawan.

“Dari camat Pelalawan saya diberikan tuga sebagai Kabag Tapem selama 6 tahun, setelah itu sebagai Assisten I selama 1.5 tahun dan  sebagai Asisten III selama satu tahun  sampai kemarin” lanjutnya

Setelah dilantik sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan yang baru, pagi sebelum acara pisah sambut ini, TM bercerita tentang kesan pribadinya mendapatkan tugas yang berat  ini. Diakuinya jabatan Sekda adalah karir tertinggi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun apa yang di perolehnya saat ini bukan lah sesuatu yang membuatnya berbangga diri, menjabat sebagai Sekda bukan berarti dirinya menjadi yang terbaik dari seluruh PNS yang ada di Kabupaten Pelalawan, melainkan keberuntungan tengah berpihak kepadanya.

“Saya di tunjukkan bukan karena saya yang terbaik, tapi karena saya bernasib lebih baik” tegas TM yang disambut tepuk tangan seisi ruangan.

Dari lubuk hatinya yang paling dalam, TM mengungkapkan bahwa sebagai seorang PNS karir yang paling penting baginya saat ini setelah menyandang jabatan Sekda, adalah bagaimana dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, sesuai dengan harapan semua pihak untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Pelalawan.

“Jujur sebagai PNS karir, jauh lebih besar bagi saya saat ini adalah kekwatiran saya apakah saya mampu menjalan amanah ini, sebagai manusia biasa saya juga memiliki keterbatasan dan kekurangan” ungkapnya

Untuk itu, dirinya berharap kepada pimpinan, senior seniornya dan juga para rekan rekan PNS, Tokoh masyarakat dan segenap unsur di dalam pembangunan Kabupaten Pelalawan untuk memberikan dukungan dan kerjasama nya, saling bahu membahu dalam pembangunan.

“kepada pimpinan dan senior senior saya para tokoh pendiri Kabupaten Pelalawan, tolong bina saya menjadi lebih baik. Agar apa yang saya perbuat nanti sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Pelalawan. kepada rekan rekan semua mari kita bersama sama membangun negeri ini menjadi lebih baik. Kepada para tokoh masyarakat saya harapkan kita dapat saling  bersinerji menyamakan persepsi dalam mnenyelesaikan berbagai masalah di tengah masyarakat. karena menyamakan persepsi adalah langkah awal yang baik dalam menyelesaikan semua permasalahan yang kita hadapi.” Harapnya

Kesempatan yang sama TM juga mengharapkan dukunganyang sama yang diberikan selama ini oleh insan pers kepada Pemda Pelalawan, dapat di teruskan di masa dirinya menjabat Sekda sehingga pembangunan yang berkelanjutan dapat dilaksanakan kedepannya.

“Kepada rekan rekan media, saya mohonkan kerjasamanya ke depan, seperti kerjasama yang lebih baik terjalin selama ini. Dengan kerjasama yang baik pembangunan di Kabupaten Pelalawan ini dapat berjalan”harap TM mengakhiri.****

Penulis : Apon Hadiwijaya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus