Luar Biasa, SMAN Bernas Potong 2 Sapi Dan 1 Domba

Selasa,05 September 2017 | 02:42:00
Luar Biasa, SMAN Bernas Potong 2 Sapi Dan 1 Domba
Ket Foto : Ratusan siswa SMAN Bernas melihat pemotongan hewan qurban di halaman sekolah

PANGKALAN KERINCI (PNC)- Luar biasa tahun ini, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Bernas Kabupaten Pelalawan potong dua ekor sapi dan satu ekor domba. Senin (4/9) di halaman sekolah.

" Tahun ini sekolah kita potong 2 ekor sapi dan 1 ekor domba," ucap Kepala SMAN Bernas, Emilia Kh Shum di sela-sela pelaksanaan qurban.

Emilia menyebutkan, bahwa memang sengaja tahun ini melibatkan siswa karena jumlah hewan yang dipotong ada 2 ekor sapi dan 1 ekor domba. Tahun ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 1 ekor sapi.

"Persiapannya dalam waktu singkat, hanya 1 bulan mengumpulkan uang hasil infak dari para siswa dan guru dilingkungan sekolah," ujarnya.

Menurut Emilia, kegiatan pemotongan hewan kurban ini, memberikan pelajaran tersendiri bagi peserta didik. Bukan saja teori yang dipelajari dikelas, akan tetapi prakteknya langsung. Sehingga para siswa dapat merasakan cara mengolah hewan qurban, rasa peduli dan berbagi kepada sesama.

Disamping sebagai pembelajaran langsung bagi siswa, sebut emilia, juga meningkatkan semangat berqurban dan solidaritas, terutama membagikan daging ini kepada masyarakat di sekitar sekolah.

"Ada sejumlah kupon yang sudah diedarkan kepada warga sekitar. Daging qurban tersebut dibagikan kepada peserta qurban, siswa kurang mampu, " tuturnya.

Selain itu, peserta qurban tahun ini didominasi oleh para siswa dengan sistem menyisikan uang jajannya, untuk di infaqkan dalam pembelian hewan qurban. Hal ini sudah membudaya bagi siswa karena setiap tahunnya siswa ikut berqurban.

"Tentunya kita berharap, tahun depan akan lebih banyak lagi jumlah sapi yang dikurbankan di sekolah," pungkasnya.(rik)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus