Menanti “Polesan “ Sekda baru

Senin,20 Januari 2014 | 06:48:00
Menanti “Polesan “ Sekda baru
Ket Foto : Drs H T Mukhlis M.Si mengucapkan sumpah jabatan saat dilantik menjadi Sekda Pelalawan

PANGKALAN KERINCI – Sejatinya, pada penghujung tahun 2012 silam, Drs. H Zardewan MM yang saat itu menduduki jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan sudah memasuki usia pensiun. Sebagai seorang birokrat sejati, tentunya ia sudah tahu betul kapan waktunya akan angkat kaki dari rutinan birokrasi Pemerintahan daerah.

Diawali dengan kebijakan Bupati Pelalawan untuk memperpanjang jabatannya dengan maksud untuk menyelesaikan administrasi anggaran, karena adanya transisi anggaran dari tahun 2012 menuju anggaran baru tahun 2013. Namun perpanjangan masa pensiunnya dijawab dengan penuh dedikasi, loyalitas dan integritas, perpanjangan demi perpanjangan masa pensiunnya yang membuatnya bertahap sampai satu tahun lebih di luar masa kerja PNS yang berlaku.

Tak ada jabatan yang kekal, 18 Desember 2013, Zardewan harus ikhlas menerima kenyataan bahwa pada hari itu Gubernur Riau sudah menandatangani bernomor KPTS.858/XII/2013 tentang pengangkatan Drs. H Tengku Mukhlis M.Si sebagai Sekda Pelalawan yang baru.

Sebulan setelah SK Gubri ditandatangani, tepatnya pada hari Rabu, tanggal 15 Januari 2014, Pemerintah Kabupaten Pelalawan menghelat acara pelantikan Sekda yang baru bertempat di Gedung Daerah Laksamana Mangku diraja Pangkalan Kerinci.

Undangan untuk menghadiri pelantikanpun di sebar, pejabat daerah, pejabat instansi pemerintah vertikal, pejabat kabupaten tetangga, tokoh pendiri Kabupaten Pelalawan, mantan pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat berdatangan untuk menyempatkan diri untuk turut hadir dalam momentum yang sangat bermakna bagi Pemerintahan Kabupaten.

Dihapan tamu undangan yang hadir, Drs H Tengku Mukhlis M.Si diambil sumpahnya untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan peraturan perundangan undangan yang berlaku. Dengan tegas, mantan Kabag Tapem ini mengulang kalimat demi kalimat sumpah jabatan yang dipandu oleh Bupati Pelalawan dibawah kitab suci Alqur an.  

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan sesuai dnegan ketentuannya, Sekretaris Daerah diangkat dan diberhentikan oleh gubernur setelah mendapatkan persetujuan Menteri Dalam negeri atas usulan bupati. Pengusulan Sekretaris Daerah telah melalui beberapa tahapan di tingkat kabupaten dan Proponsi.

“Di tingkat kabupaten, tahapan tersbeut antara lain, penilaian moralitas, profesionalisme , dan pengembangan karir, sedangan tahapan di propinsi melalui tahapan administrasi, wawasan kebangsaan, dan penilaian rencana strategis” terangnya

Lebih lanjutkan dikatakan Harris, saat ini Pemerintahan Daerah tengah berupaya untuk menciptakan tata pemerintahan yang bersih dan berwubawa, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan keterbukaan, akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi, menjunjung tinggi supremasi hukum dan membuka partisipasi masyarakat.

“Salah satu agenda penting Pemda Pelalawan saat ini adalah menciptakan tata pemerintahan yang baik” jelasnya

Didalam sambutannya juga, HM Harris membeberkan lima kategori penilaian bagi unit kerja sehingga dinilai berhasil dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Yang pertama adalah mampu melaksanakan visi, tugas pokok, fungsi dan kewenangannya dengan sebaik baiknya” ulasnya

Setelah meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan publik, kategori ketiga nya penilaian pada kemampuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan dana, SDM, dan berbagai sumber daya lainnya.

“Dua yang terakhir adalah, berhasil membangun budaya malu bersih KK, dan mengembangkan budaya kompetitif dari kompetensi yang dipunyai seperti, produktifitas, kreatifitas, dan profesionalime” lanjutnya

Dalam waktu dekat, sambung Harris, Pemda Pelalawan akan segera melaksanakan APBD yang salah satu tujuannya untuk perbaikan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang merata dan berkeadilan.

“Untuk itulah, Sekda sebagai koordinator pengelolaan keuangan daerah harus mampu melakukan koordinasi secara intensif dan melakukan pembinaan ke dalam, termasuk pembinaan SDM, sehingga pelayanan penyelenggaraan pemerintahan berjalan sebagaimana mestinya” harapnya

Kembali HM Harris mengingatkan Sekda yang baru, Drs H Tengku Mukhlis M.Si untuk dapat menjalankan amanah dari pemerintah dan masyarakat sebagaimana mestinya.

“Amanah ini adalah amanah dari pemerintah dan masyarakat, namun pertanggung jawaban kepada Allah SWT, semoga di tangan Sekda yang baru harapan pendiri kabupaten Pelalawan dapat terwujud” harapnya.

Sementara itu usai dilantik menjadi Sekda Kabupaten Pelalawan ke lima, Drs. H Tengku Mukhlis mengungkapkan kesiapan kesiapan dirinya melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana yang diamanahkan oleh Bupati Pelalawan HM Harris kepada dirinya terkait disiplin pegawai dilingkup Pemda Pelalawan.

"Kita siap menjalankan amanat itu, Semua sudah ada Perbub nya jadi kita hanya menjalankannya saja, "jelasnya.

TM juga berharap dukungan dan kerjasama semua pihak untuk membangun Kabupaten Pelalawan yang lebih baik kedepannya.

“saya juga berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang ada di kabupaten Pelalawan, sehingga apa yang kita harapkan bersama dapat terwujud” pungkasnya***

Tulis Komentar
comments powered by Disqus