Samsuria ; Debat ini mampu meningkatkan Kualitas Pendidikan serta Kompetensi Siswa

Pemdes Bersama IPELMA KK Gelar Debat Tingkat SMA

Sabtu,26 Agustus 2017 | 11:49:00
Pemdes Bersama IPELMA KK Gelar Debat Tingkat SMA
Ket Foto : Foto saat siswa sedang melakukan debat di ruang SMKN 1 Kuala Kampar

KUALA KAMPAR (SP)- Pemerintah Desa Sungai Emas bersama Ikatan Pelajar Mahasiswa Kuala Kampar (IPELMA-KK) menggelar lomba debat tingkat SMA sederajat Kecamatan Kuala Kampar. Kamis (24/08) di ruang Sekolah SMKN 1 Kuala Kampar.

Pasalnya, kegiatan dengan tema " Kualisi 3 pilar peduli pendidikan," ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi serta kualitas pendidikan di Kecamtan Kuala Kampar. Hal tersebut juga sejalan dengan implementasi kurikulum 2013. Salah satunya adalah meningkatkan kompetensi siswa.

Pantauan pelalawannews.com di lokasi, Kepala Desa Sungai Emas Samsuria mengatakan, kegiatan ini merupakan kepedulian terhadap kualitas pendidikan serta meningkatkan kompetensi siswa di Kecamatan Kuala Kampar.

Tentunya hal ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut dilakukan dengan mewadahi siswa, dalam hal ini siswa di jenjang pendidikan menengah dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat. Antara lain dengan melaksanakan kegiatan lomba debat.

Menurut Suria, salah satu karakter pelajar yang dibutuhkan untuk menghadapi persaingan global adalah kemampuan berpikir kritis. Karakter ini lebih ideal jika disandingkan dengan kemampuan menyampaikan pendapat secara bertanggung jawab.

"Pembangunan karakter ini dapat dilakukan seiring dengan program pembinaan siswa. Integrasi atribut atribut soft skills berupa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan public speaking dalam kegiatan kesiswaan dirasa mendesak guna mempercepat lulusan yang sempurna," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan, Ketua IPELMA-KK Muhammad Ali menyebutkan kegiatan ini dalam mengembangkan minat, bakat dan penalaran siswa serta debat juga mampu mengajarkan siswa berbicara secara bertanggung jawab dan kemampuan kritis. Selain itu, kompetensi debat mengajarkan fairness berupa sikap menghargai lawan debat. Dalam hal ini, pengembangan debat dirasa mampu memberikaan kontribusi positif dalam membentuk karakter siswa.

Ditambahkan Ali, kegiatan ini bertujuan melatih siswa agar terbiasa berfikir kreatif dan analitis. Mampu berkomunikasi secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan pubblik dengan baik.

" Kita berharap dengan debat ini mampu menjadi modal yang baik bagi siswa dalam berkompetisi, sehingga bisa meraih prestasi di berbagai lomba di luar sana," tegasnya. (rik)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus