*Mulai Terima Mahasiswa Baru

Sumbangsih IAIP untuk Pendidikan Pelalawan

Senin,12 Juni 2017 | 04:42:00
Sumbangsih IAIP untuk Pendidikan Pelalawan
Ket Foto :

Khazanah pendidikan di Kabupaten Pelalawan kian tumbuh dan berkembang. IAIP hadir membumikan pendidikan Islam.

PENDIDIKAN tentang Agama dan Ilmu Keagamaan Islam sangatlah penting, mengingat agama Islam dipeluk oleh sebagian besar bangsa Indonesia. Tersebab itu, untuk mempertinggi taraf pendidikan dalam lapangan Agama dan Ilmu Pengetahuan Islam, Pemerintah Kabupaten membangun Institute Agama Islam Pelalawan (IAIP). Tujuannya adalah, untuk mempertinggi taraf kehidupan bangsa Indonesia dalam lapangan kerohanian dan taraf intelektualitas.

Ya, satu persatu perguruan tinggi kini mulai bermunculan di negeri 'seiya sekata' Kabupaten  Pelalawan. Setelah kehadiran Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) dan Sekolah Tinggi Tekhnologi Pelalawan (STTP), kini muncul Institut Agama Islam Pelalawan (IAIP). Tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat daerah ini.

Sebagaimana diketahui, IAIP ini sudah mengantongi izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag RI Nomor 1627.2017 tanggal 27 Maret 2017. Dan untuk tahun ini siap menerima mahasiswa baru dengan menawarkan 6 program studi (Prodi) sarjana (S1).

"Insya Allah tahun ini, perkiraan awal September kita sudah mulai perkuliahan. Saat ini sudah mulai dibuka pendaftaran mahasiswa baru," kata Rektor IAIP, DR Hidayat Syah MA, yang dihubungi Seputar Pelalawan, Jumat (9/6) pekan kemarin.

Hidayat menyebutkan, ada enam (6) Program studi dari beberapa fakultas untuk tahap awal ini yang bisa menjadi pilihan mahasiswa. Diantara prodi tersebut, Manajemen Pendidikan Islam, Perbankan Syariah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Manajemen Bisnis Syariah.
 
"Kami memberikan peluang bagi generasi muda Kabupaten Pelalawan yang lulus SMA/SMK/MA untuk kuliah di IAIP. Nantinya, mereka akan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di Kabupaten Pelalawan," ucapnya.

Dia juga mengatakan, untuk penerimaan mahasiswa baru sudah bisa dimulai dari sekarang, dan berakhir pada bulan Agustus mendatang. Untuk tahap awal ini, IAP tidak membatasi jumlah mahasiswa. Pun begitu, diperkirakan 200 mahasiswa akan ditampung.

"Jika masing-masing prodi ada 30 orang, maka ada sekitar 180 mahasiswa. Dan kita menargetkan ada sekitar 200 mahasiswa nantinya," papar.

Untuk masuk ke IAIP ini tak banyak syarat yang diminta panitia. Cukup mengisi formulir pendaftaran, menyertakan foto 3x4, fotokopi ijazah dan UN, serta membayar uang pendaftaran Rp300 ribu.

Lokasi dan Sistim Perkuliahan
Sebagaimana disampaikan Hidayat, untuk pelaksanaan perkuliahan akan dipusatkan di Gedung MTsN Pangkalan Kerinci. Hal ini memgingat kampus baru belum selesai dibangun.

"Kampus kita sementara ini MTsN Pangkalan Kerinci. Kita sudah ada 36 dosen tetap dan siap melaksanakan perkuliahan reguler. Rencananya perkuliahan pada sore hingga malam hari," ungkap pria kelahiran Teluk Dalam, Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan ini.

Dia juga mengakui kalau saat ini berapa jumlah fakultas dari 6 prodi yang ada tersebut belum dirinci. Tapi kalau melihat dari 6 prodi itu, ada sekitar 3 fakultas.

"Berapa jumlah fakultasnya belum dirinci. Yang jelas, kita ini resmi diakui pemerintah dulu. Soal  kelengkapan akan kita sempurnakan sambil berjalan," jelas pria yang aktif mengajar di UIN Susqa Pekanbaru ini.

Meski masih dalam keterbatasan, namun Hidayat mengaku Pemkab dan DPRD Pelalawan mengapresiasi dan mendukung penuh beroperasinya IAIP sebagai sumbangsih dan pengabdian anak bangsa pada dunia pendidikan di Kabupaten Pelalawan.

IAI Pelalawan sendiri berada dibawah naungan Yayasan Putera Bangsa Mandiri yang telah disahkan oleh Kemenkum HAM Nomor AHU-0005239.AH.01.04. Tahun 2015 tanggal 09 April 2015.

"Sejak adanya legalisasi ini langsunglah kita mengurus pendirian IAI Pelalawan dan Alhamdulillah, Maret kemarin sudah dikeluarkan izin terkait," tutupnya.

Diharapkan, beroperasinya IAIP ini mampu menambah semangat masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk giat menuntut ilmu. "Kami optimis, IAIP ini akan maju dan berkembang. Untuk itu dukungan dan suport dari masyarakat sangat kami harapkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai calon mahasiswa IAI Pelalawan bisa menghubungi kontak person Kasi Pendis Kantor Kemenag Pelalawan DR H Edi Iskandar SAg MPd yang juga dosen Luar Biasa di nomor HP 085265916800.(pon)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus