Kepsek Terlama

Janawir, 34 Tahun Jadi Kepala Sekolah

Sabtu,25 Maret 2017 | 01:07:00
Janawir, 34 Tahun Jadi Kepala Sekolah
Ket Foto : Kepala SDN 007 Batang Kulim, Janawir

PANGKALAN KURAS (PelalawanNews.com) – 16 tahun sebelum Kabupaten Pelalawan dibentuk, ketika Kecamatan Pangkalan Kuras masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Kampar, saat itu Janawir sudah menjadi kepala sekolah di salah satu SD di Desa Batang Kulim, tepat SDN 007.

Menjadi daerah otonomi tahun 1999, Kabupaten Pelalawan secara sah dan memiliki kewenangan untuk mengatur rumah tangganya sendiri, begitupun di bidang pendidikan, sekolah sekolah yang selama ini menjadi aset Pemerintah Kabupaten Kampar di serahkan kepemilikan kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan, pun berikut dengan tenaga pendidik.

18 tahun sejak menjadi daerah otonomi, ketika dunia pendidikan di negeri seiya sekata sudah jauh berubah, bahkan program program Pemerintah Daerah untuk mencerdaskan generasi penerus terus digalakkan seperti Pelalawan Cerdas. Namun bagi Janawir, dalam rentang 35 tahun, setiap hari masih di hadapkan dengan pintu sekolah yang sama, lemari dan kursi kantor yang sama, belum tersentuh penyegaran sebagaimana dirasakan oleh sejawat dan rekan seperjuangan lama yang berganti posisi dan jabatan dengan alasan penyegaran. Entah pilihan pengabdian atau jalan hidup yang mengharuskan dirinya menempuh titian karir PNS di satu sekolah saja.

“Sejak tahun 1983 saya sudah jadi Kepala Sekolah di SDN 007 ini, tidak ada yang berubah, semuanya masih tetap sama,” tuturnya

Sejak tahun 1983 itu, sampai tahun 2017 saat ini, Janawir sudah merasakan 35 tahun sebagai Kepala Sekolah, angka tersebut melebihi masa kepemimpinan Orde Baru Soeharto di Republik ini.

“Soeharto saja 32 tahun, saya sudah 34 tahun,” ujarnya dengan senyum sumringah

Menghitung usia pensiun nya yang makin dekat lagi, diakuinya tidak memiliki ambisi lagi untuk menatap karir birokrasi yang lebih tinggi. Menutup karir sebagai pendidik menjadi catatan sejarah yang membanggakannya.

“Satu tahun lagi pensiun, di sini saja lah,”akunya

Sebelumnya, beberapa tahun lalu Janawir sudah pernah mengajukan surat untuk mengakhiri masa jabatan nya sebagai PNS lebih cepat, dirinya sudah pernah mengurusnya di instansi terkait, namun diakuinya usahanya itu tidak membuahkan hasil.

“Sudah pernah juga mengajukan untuk pensiun, tapi tak ada hasil, “bebernya

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Pangkalan Kuras, Sarifuddin S.Pd
 membenarkan masa kepemimpinan Janawir di SDN 007 Batang Kulim sudah berlangsung lama.

“Sudah lama beliau jadi Kepala sekoalh disana, saat saya masih sekolah saja beliau sudah jadi kepsek di sana,” tandasnya

Sekedar informais, masa jabatan seorang Kepala Sekolah empat tahun untuk satu periode masa jabatan, jika seorang kepala sekolah berprestasi istimewa dapat diperpanjang satu periode. Ketentuan ini mengaju kepada permendiknas nomor 28 tahun 2010. Jika Janawir masih kokoh sebagai kepela sekolah di satu sekolah saat ini, sebaiknya Disdik dan BKDP mendaftarkan janawir di Musium Rekor Indonesia (Muri). Karena tidak ada kepala sekolah selama ini. (Gom2)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus