Peluang Harris Maju Pilgubri Kecil.?

Kamis,02 Maret 2017 | 09:24:00
Peluang Harris Maju Pilgubri Kecil.?
Ket Foto : Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar Sumatera II Darul Siska

PANGKALANKERINCI (PNC) - Meski pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk Provinsi Riau akan dilaksanakan pada tahun 2018, namun sejumlah calon sudah mulai ambil ancang-ancang untuk ikut dalam pertarungan memperebutkan kursi nomor satu di Negeri Lancang Kuning itu.

Berdasarkan pantauan Pelalawannews.com pertarungan kali ini nampaknya sedikit lebih sengit dibandingkan dengan pertarungan tahun 2014 lalu, pasalnya sejumlah kepala daerah yang masih menjabat sebagai Bupati di Provinsi Riau juga banyak yang berminat untuk mempertaruhkan jabatannya demi kursi panas tersebut.

Adalah HM Harris, pria yang menyandang jabatan sebagai Bupati Pelalawan untuk kedua kalinya itu juga berminat mencalonkan dalam Pilgubri kali ini, hal ini dikarenakan karier politik mantan ketua DPRD Pelalawan itu sudah mentok.

Sebagai kader dari partai Golongan Karya (Golkar) HM Harris tentunya juga memiliki hak untuk mendapatkan usungan dari partai yang beralambang beringin itu, apalagi di Provinsi Riau partai Golkar memiliki hak untuk mencalonkan satu pasang calon dalam Pilgubri.

Kendati demikian, untuk menjadi calon yang diusung oleh partai yang berjaya pada orde lama itu perjalanan Harris tidaklah gampang, pasalnya masih banyak kader lainnya yang berminat untuk mencalonkan, termasuk Andi Rachman yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Riau.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Wilayah II Sumatera Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Darul Siska kepada Pelalawannews.com mengatakan, dibandingkan bakal calon lain Andi Rachman memiliki peluang yang lebih besar.

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend), Idrus Marham, Darul Siskan mengatakan berdasarkan pertimbangan DPP saat ini, Andi memang memiliki peluang yang paling besar untuk diusung Golkar.

"Peluang terbesar ada di tangan Pak Andi Rachman, karena selain menjabat sebagai Gubernur, ia juga merupakan kader terbaik di Golkar Riau," terangnya.

Kendati demikian, Darul Siska menyebutkan sebalum mengusung calon dalam Pilgubri nanti, tentunya Golkar tetap akan melakukan tahapan pengusungan calon, salah satunya dengan melakukan survei. "Kalau tahapannya tetap akan kita lakukan," paparnya.

Disisi lain, keberuntungan kader Golkar untuk mencalonkan melalui partai beringin itu diisyaratkan Darul Siska peluangnya cukup kecil, karena hal tersebut tergaantung niat dari Andi Rachman apakah akan mencalonkan atau tidak.

"Untuk survei sementara Pak Andi memang berada di atas, kalau peluang untuk kader lain tetap ada, tentunya tergantung keinginan dan keseriusan Pak Andi dalam memanfaatkan peluangnya itu," pungkasnya.(Ali)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus