Perusahaan Diminta Terima Lulusan AKN Pelalawan

Minggu,09 Oktober 2016 | 04:04:00
Perusahaan Diminta Terima Lulusan AKN Pelalawan
Ket Foto : mahasiswa AKNP tengah mengikuti perkuliahan

PANGKALANKERINCI (Pelalawannews.com) - Menindak lanjuti berdirinya Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pelalawan tiga tahun yang lalu, Bupati Pelalawan, H Muhammad Harris, surati seluruh perusahaan yang beroperasi di Negeri Amanah tersebut.

Hal ini terkait dengan adanya kerjasama dengan AKN Pelalawan yang dijalin dengan perusahaan saat baru pertama berdiri tiga tahun yang silam, yang paling mendasar dalam dari kerjasama itu adalah tentang serapan tenaga kerja dari lulusan AKN Pelalawan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Koordinator AKN Pelalawan, Mukhtarius, surat yang dilayangkan pada perusahaan tersebut dengan nomor 4 21/KESRA/2016/76 berisi kerjasama dan piagam dukungan penyaluran tamatan AKNP.

Dikatakannya, surat tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan piagam kerjasama bersama 37 perusahaan yang beroperasi di Pelalawan yang ditandatangani pada 22 juli 2013 silam. Surat tersebut ditandatangani oleh Bupati Harris dan dikirimkan ke semua perusahaan.

"Ini sebagai langkah untuk memperjuangkan alumni dari AKN Pelalawan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Ada dua opsi yang ditekankan dalam surat yang dikirimkan itu," terangnya pekan lalu.

Adapun penekanan pertama dalam surat tersebut, dikatakan Mukhtarius adalah perusahaan diminta menerima lulusan atau alumni dari AKN Pelalawan. Hal ini sebelumnya tertuang dalam kesepakatan ketika AKN Pelalawan resmi didirikan.

Sedangkan opsi yang kedua adalah Bupati mengimbau seluruh perusahaan memberikan kemudahan persyaratan rekrutment tenaga kerja sesuai dengan jenjang pendidikan diploma II lulusan dari  AKN Pelalawan.

Ditambakkanya, surat yang dikirimkan Bupati tersebut juga berdasarkan kepada peraturan daerah untuk penerimaan tenaga kerja lokal untuk seluruh perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan.

"Peraturan daerah kita ada yang mengtur tentang penerimaan tenaga kerja lokal untuk peruisahaan yang beroperasi di Pelalawan," ulasnya.

Terakhir, Mukhtarius berharap seluruh alumni atau lulusan dari AKN Pelalawan dapat diterima di seluruh perusahaan yang ada, sehingga tujuan dan kerjasama yang dijalin selama ini bisa terlaksana dengan maksimal, begitu juga dengan didirikannya AKN Pelalawan.

"Kita berharap seluruh perusahaan bisa menanggapi surat yang dilayangkan oleh Bupati tersebut, sehingga tujuan kita bisa tercapai dengan maksimal, terutama untuk seluruh lulusan AKN Pelalawan," tutupnya. (Fadh)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus