SMAN 1 Pangkalan Kerinci Ditetapkan sebagai SMA Rujukan

Rabu,28 September 2016 | 02:40:00
SMAN 1 Pangkalan Kerinci Ditetapkan sebagai SMA Rujukan
Ket Foto : Kepala SMAN 1 Pangkalan Kerinci Hj. Nuraida M.Si saat sosialisasi sekolah rujukan

PANGKLAN KERINCI (SP)- Direktorat Pendidikan SMA (Dit PSMA) Kemendikbut menetapkan SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci sebagai sekolah rujukan tingkat menengah atas di Kabupaten Pelalawan. Hal ini merupakan suatu upaya dalam pengembangan sekolah oleh Pemerintah secara langsung guna percepatan dan perluasan peningkatan mutu pendikan.

Pasalnya Program Dirjen Kemndikbud, baru dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan meluncurkan program SMA Rujukan. Setiap Kabupaten/Kota ditunjuk 1 SMA sebagai penerima dana untuk melaksanakan program SMA Rujukan dengan syarat Akreditasi A dan melaksanakn kurikulum 2013. Maka untuk tahun pertama diprioritaskan pada Sekolah Induk Klaster K.13.

Pantau Seputar Pelalawan dalam acara pembukaan Sosialisasi Program SMA Rujukan pekan lalu, di Ruang Labor Komputer SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan Drs. Syafaruddin Kamal MM dalam sambutanya sebagai sekolah rujukan diharapkan sekolah dapat menjadi teladan bagi setiap sekolah di sekitarnya, dengan harapan mampu meningkatkan daya inisiatif sekolah, memenuhi dan melampaui standar nasional pendidikan dan mengoptimal potensi sumber daya sekolah, untuk meningkatkan mutu pendidikan.

selain itu ditambahnya, berkembangnya pratik terbaik penyelenggaraan pendidikan yang dapat dirujuk sekolah lain. Tentunya nantik diharapkan mampu terbangun sinergi pembinaan sekolah dengan pemerintah daerah, dalam mewujudkan perluas dan percepat ketersediaan pelayanan pendidikan yang bermutu tinggi dan terjalinya kemitraan dengan berbagai pihak dalam mengembangkan sekolah.

" Kita sangat medukung Program Pemerintah pusat ini, bisa menjadi sekolah model percontohan sehingga mampu menjadi rujukan sekolah lain,” ujarnya sesudah acara sosialisasi kepada PelalawanNwes.com.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pangakalan Kerinci Hj.Nuraida M.Si mengatakan bahwa SMA Rujukan dipilih berbasis kewilayahan dengan kriteria melaksanakan kurikulum 2013, akreditasi A atau yang tertinggi di kabupaten/kota. memiliki prestasi akademik dan non akademik serta bersedia melakukan pengimbasan pratik baik  dan inovasi pendidikan yang disampaikan ke sekolah lain.

"Kita berharap dengan ditetapkanya SMA Negeri 1 Pangakalan Kerinci menjadi SMA rujukan suatu kebanggan Sekaligus tantangan, karena itu kita  harus meningkatkan profesionalisme dan prestasi anak didik kita lebih baik di bidang akademik maupun non akademik,"harapnya (erik)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus