Unit Layanan Paspor Akan Dibangun di Pelalawan

Rabu,28 September 2016 | 02:29:00
Unit Layanan Paspor Akan Dibangun di Pelalawan
Ket Foto : Pelayanan paspor

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com) - Saat ini, Paspor hampir menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki layaknya kartu tanda penduduk, bedanya identitas ini hanya berguna bagi setiap warga negara yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

Hanya saja, hingga saat ini fasilitas penunjang untuk keperluan membuat paspor masih belum tersedia di semua kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau, salah satunya di Kabupaten Pelalawan.

Guna mempermudah layanan paspor bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI akan membangun‎ Unit Layanan Paspor (ULP) di Kabupaten Pelalawan yang bisa mempermudah akses bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris melalui Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan Drs H Zulhelmi, Rabu (28/9).

Disebutkannya, pada tahun 2017 nanti Pemkab Pelalawan akan membangun unit layanan paspor di Kabupaten Pelalawan. Tujuan dibangunan ULP ini, untuk mempermudahkan masyarakat di daerah ini untuk membuat paspor.
 
Lebih lanjut, guna merealisasikan wacana itu, Zulhelmi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan surat pada Kemenkum dan HAM untuk pembangunan ULP.

"Kita sudah mengajukan surat untuk Kementerian Hukum dan HAM RI untuk pembangunan unit layanan paspor beberapa waktu lalu, alhamdulillah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI telah menyetujui usulan Pemkab Pelalawan untuk mendirikan kantor ULP di Kabupaten Pelalawan," terangnya.

Sebelum dimulai pembangunan unit layanan paspor, Zulhelmi mengatakan untuk saat ini pihaknya tengah mempersiapkan lahan atau lokasi tempatnya, kalau sudah sesuai tempat lokasinya, baru dimulai pembangunan ULP.

"Pembangunan ULP yang akan dimulai pada tahun 2017 mendatang, lokasinya sedang kita persiapkan, sedangkan untuk anggarannya  akan dianggarkan melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan tahun 2017 nanti," paparnya.

Terakhir, mantan Asisten Administrasi Keuangan Setdakab itu berharap dapat mempermudah masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk membuat paspor dan kalau sudah ada ULP juga, masyarakat tidak lagi repot-repot membuat paspor ke Pekanbaru.

"Sebelum ada wacana pembangunan ULP, masyarakat yang ingin membuat paspor untuk berpergian keluar negeri, mereka terpaksa ke Pekanbaru untuk mengurusnya, jadi kedepan tidak perlu jauh-jauh untuk mengurusnya," pungkas Zulhelmi.(Fadh)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus