Kades Dinas Luar, Kantor Desa Tak Pernah Buka

Rabu,28 September 2016 | 01:47:00
Kades Dinas Luar, Kantor Desa Tak Pernah Buka
Ket Foto : Kantor Desa Tolam

PELALAWAN (PelalawanNews.com) - Sejak usai Lebaran Idul Fitri hingga saat ini Kantor Kepala Desa Kuala Tolam Kecamatan Pelalawan tidak pernah di buka.

Kurangnya aktivitas di kantor Desa kuala tolam membuat masyarakat di Desa tersebut kalang kabut, salah satunya dalam pengurusan surat-surat seperti surat keterangan tanah (SKT), surat pindah dan pelayanan publik lainnya.

Salah seorang warga Desa Kuala Tolam Zari (40) kepada Seputar Pelalawan mangatakan kalau dirinya sangat menyayangkan kelakuan dari aparatur yang berdinas di Desa Kuala Tolam tersebut.

"Pemerintah menggaji mereka untuk mempermudah kami sebagai masyarakat yang ingin mengurus surat-surat untuk keperluan kami di desa ini, akan tetapi semenjak lebaran kemarn sampai saat ini kantornya nya tak pernah di buka," ungkap Zari.

Atas kejadian tersebut, Zari berharap adanya penindakan dari pemerintah setempat kalau perlu dari dinas terkait langsung melakukan penindakan terhadaqp aparatur desa tersebut, agar hal-hal seperti ini tidak ada terjadi di Desa Kuala Tolam ini khususnya.

"Umumnya untuk seluruh Desa yang ada di Kabupaten Pelalawan ini, karna kami masyarakat ini banyak keperluan di kantor desa apa lagi pada saat ajaran baru untuk anak-anak kuliah kemaren pak," harap Zari.

Hal senada juga disampaikan, Herman (56) salah seorang warga setempat, yang sangat dikeluhkan masyarakat adalah ketika pengurusan hal-hal yang sangat penting dengan waktu yang sangat mendesak.

Sedangkan petugas yang seharusnya berada di tempat untuk membantu meringankan beban masyarakat sering kali tidak berada di tempat, sehingga masyarakat menjadi resah dan kalang kabut untuk mencarikan solusi lain.

"Buat kami, kalau kepala desa tidak ada itu tidak terlalu masalah, yang menjadi permasalahan adalah ketika aparatur yang seharusnya bisa menggantikan posisi kepala desa, sehingga tidak ada solusi yang bisa dibantu oleh Pemerintahan desa," keluhnya.

Pantauan Seputar Pelalawan dilapangan pada saat mendapat laporan dari warga Desa Kuala Tolam memang benar adanya ketika sampai di Desa Kuala Tolam tampak tidak adanya aktivitas di Kantor Desa itu, satu orangpun perangkat desa tidak ada yang di kantor.

Kepala Desa Kuala Tolam Edi Jasman pada saat dikonfirmasi pihak Seputar Pelalawan membenarkan kalau dirinya jarang ke kantor karna sibuk dinas luar mengurus keperluan Desa.

Sedangkan untuk perangkat desa, Edi Jasman mengaku selalu mendapatkan laporan bahwa mereka selalu masuk dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kalau saya sibuk keluar mengurus urusan desa sekarang, pegawai biasanya masuk terus, saya selalu melakukan kontrol," pungkas Edi.(Rizki)
 

Tulis Komentar
comments powered by Disqus