Akses Peningkatan Ekonomi Masyarakat

PPIDK Bangun Infrastruktur Jalan Desa Mak Teduh

Jumat,22 November 2013 | 11:39:00
PPIDK Bangun  Infrastruktur Jalan Desa Mak Teduh
Ket Foto : pengerasan jalan di Desa Mak Teduh Kecamatan Kerumutan

KERUMUTAN (PelalawanNews.com) – Masih banyak nya infrastruktur desa di Kabupaten Pelalawan yang belum memadai, yang pada akhirnya berdampak kepada lambatnya pertumbuhan masyarakat karena tidak didukung oleh sarana dan prasarana peningkatan ekonomi sosial masyarakat di Desa.

Dengan adanya Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa/Kelurahan (PPIDK) Mandiri Tahun 2013. Permasalahan infrastruktur di desa mulai menjadi fokus perhatian serius Pemda Pelalawan. untuk taun perdana diluncurkannya program PPIDK ini, per desa/ kelurahan mendapatkan alokasi dana sebesar 400 juta untuk membangun infrastruktur.

Untuk Desa Mak Teduh Kecamatan Kerumutan, alokasi dana yang di kucurkan Pemerintah daerah di maksimalkan oleh Pemerintah Desa mak teduh untuk pembangunan jalan utama di desa yakni pengerasan jalan desa.

Hal ini diungkapkan Kepala desa Mak Teduh Kecamatan Kerumutan, M Yakup kepada SP mengatakan bahwa saat ini masyarakat yang dipimpinnya mendambakan pengerasan jalan yang diharapkan dapat menunjang peningkatan ekonomi masyarakat yang karena jalan merupakan akses utama dari rumah warga menuju tempat mereka mengais rejeki.

“Rata rata penduduk disini bermata pencaharian sebagai petani karet dan sawit, setiap hari mereka beraktifitas harus melalui jalan desa yang belum ada pengerasan itu, begitu juga dengan hasil kebun mereka juga diangkut dengan melalui jalan tersebut, akses jalan sangat vital bagi ekonomi amsyarakat” jelasnya

Lebih lanjut dikatakan Yakup, akses jalan yang baik, juga akan membantu roda pemerintahan di desa,  segala bentuk administrasi yang nantinya akan berurusan dengan pihak Kecmaatan maupun dengan Pemerintah daerah tentunya dengan infrastruktur yang baik semua dapat berjalan dengan lancar.

“Kalau infrastruktur baik, semua urusan akan lancar, tidak terkendala jalan becek karena hujan maupun berdebu karena panas,” jelasnya

Diterangkan Yakup, dengan kucuran dana PPIDK tahun 2013 ini, dipergunakan untuk pengerasan jalan sepanjang 2,3 km yang menghubungkan Dusun Tengah dengan dusun Ketasik yang jaraknya 3.5 km.

“Akses jalan itu sangat bermanfaat bagi sebagian masyarakat Desa Mak Teduh yang beramat pencarian sebagai nelayan, karena akses jalan itu menghubungkan mereka dengan sungai, kekurangan anggaran untuk pengerasan jalan sepanjang 1.2 km lagi kita tutupi dari swadaya masyarakat” pungkasnya.

Editor : Ujang P

Tulis Komentar
comments powered by Disqus