Resmi Jadi Wakil Bupati

Zardewan Akui Tugasnya Membantu Bupati

Senin,25 April 2016 | 11:34:00
Zardewan Akui Tugasnya Membantu Bupati
Ket Foto : Wakil Bupati Pelalawan Zardewan

Bagi masyarakat Kabupaten pelalawan, nama Zardewan memang sudah sangat familiar. Apa lagi dijajaran birokrasi, Zardewan bukan nama asing. Pengalamannya di pemerintahan sudah mengantarkannya ke jabatan yang paling tinggi di lingkungan PNS, yakni Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakap) Pelalawan.

Tersebab itu, banyak yang menilai kalau Zardewan dalam menjalankan tugasnya kini sebagai Wakil Bupati tidak akan menyulitkan baginya dalam upaya menjalankan sistim pemerintahan. Pengalaman dirinya memimpin birokrasi akan menjadi 'jaminan mutu' untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Pun begitu, Zardewan yang dihubungi SP pekan lalu menyebutkan kalau semua itu akan berjalan mulus jika semua pihak mendukung. Tersebab itu pula dirinya meminta kepada semua pihak untuk melupakan 'dendam politik' ketika Pilkada lalu, untuk kemudian bersama membangun negeri.

"Beda pendapat yang terjadi pada saat Pilkada lalu mari kita lupakan. Enyahkan dendam politik. Saatnya sekarang kita bersama-sama membangun negeri," katanya

Dia mengatakan, ada beberapa tugas wakil kepala daerah dalam membantu kepala daerah menjalankan roda pemerintahan. Pertama, membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah. Kemudian, membantu kepala daerah dalam mengkoordinasikan kegiatan instansi vertikal di daerah, menindaklanjuti laporan dan hasil pengawasan aparat pengawasan, mengupayakan pengembangan dan pelestarian sosial budaya dan lingkungan hidup, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan, kelurahan dan/atau desa, dan lain sebagainya.

"Kita juga berfungsi untuk memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala daerah dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintah daerah. Intinya, dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, wakil kepala daerah bertanggung jawab kepada kepala daerah," ujarnya.

Sebagai wakil bupati, dirinya hanya menunggu arahan dari bupati. Yang jelas, dia siap mendukung dan menjalankan program Pemkab Pelalawan. Katanya, tujuh program pembangunan yang sudah digagas sebelumnya merupakan persoalan yang dihadapi masyarakat. Makanya, upaya keras akan dilakukan untuk mewujudkan semua gagasan-gasan yang telah dibuat sebelumnya.

"Tujuannya agar semua keluhan yang disampaikan masyarakat bisa terealisasi sempurna. Saya kira hasilnya sudah tampak. Di bidang pendidikan misalnya. Pemkab sudah menjalankan program pendidikan gratis sampai SLTA. Tapi, karena kita baru berbuat, tentu ada kendala dalam mewujudkannya. Pun begitu, kita tetap melakukan evaluasi, mana yang sudah baik ditingkatkan, dan mana yang belum akan diperbaiki. Begitu juga dengan Pelalawan lancar. Saya kira yang namanya pembangunan sudah dilakukan sampai ke tingkat desa," ucap Zardewan.

Disinggung soal harmononisasi Kepala Daerah dengan Wakil Kepala Daerah yang selalu cepat berlalu, Zardewan telah memiliki trik tersendiri untuk menyiasatinya.


"Sejak saya dilantik, saya sudah bertekad dalam hati untuk mendampingi bupati sampai akhir masa jabatan. Makanya sedari awal saya tidak terniat untuk masuk ke kancah politik. Saya ingin kebersamaan ini akan terus berlanjut sampai akhir masa jabatan kami nanti. Saya kenal betul dengan pak Harris, apalagi dulu saya pernah dipercaya menjadi Sekdakab. Doakan kami agar selalu seayun selangkah dan tidak ada perselisihan dalam menjalankan tugas kepemimpinan di Pelalawan,"tutupnya.(Apon)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus