Program Pelalawan Terang

PLTMG Langgam Power Solusi Atasi Krisis Listrik Kab. Pelalawan

Senin,18 November 2013 | 08:24:00
PLTMG Langgam Power Solusi Atasi Krisis Listrik Kab. Pelalawan
Ket Foto : Bupati Pelalawan HM Harris menandatangani prasasti launching PLTMG Langgam Power

Kepala BPPT Dr Marzan a Iskandar didampingi Bupati Pelalawan HM Harris meninjau operasional PLTMG Langgam Power di kecamatan langgamKepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan untuk segera mengeluarkan masyarakatnya dari kekrisisan listrik bukan sekadar untuk menyenangkan hati masyarakat sesaat. Ini dibuktikan dengan semangat dan tekad serta kerja keras Pemda Pelalawan dalam menyukseskan rencana menjadikan Pelalawan terang benderang.

Dibangun diatas lahan seluas dua hektar persegi, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang berolaksi di km 12 Kecamatan Langgam saat ini telah berdiri megah turbin turbin yang siap menyuplay listrik ke Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan BUMD Tuah Sekata untuk mengcukupi kebutuhan listrik masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Sebagai momentum suksesnya program unggulan Kabupaten Pelalawan dengan “Pelalawan Terang” nya, tepat pada tanggal 25 Oktober lalu, PLTMG PT Langgam Power di resmikan  oleh Kepala BPPT Dr Ir Marzan A Iskandar mewakili Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. Bersama Bupati Pelalawan HM Harris, Direktur PT Langgam Power Lukman Situmorang, Kepala PLN Wilayah Riau Kepri Djoko Raharjo dan Manager  Navigate Energy Otsman Al Bouksumy secara bersamaan menekan tombol sirine dilaunchingnya PLTG Langgam Power.

Dan dengan ditunjuknya Kabupaten Pelalawan sebagai satu dari dua kawasan tekonopolitan yang ada di Indonesia saat ini, maka hal ini secara otomatis akan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di negeri amanah khususnya maupun wilayah Riau dan umumnya sehingga memacu percepatan pembangunan daerah.

Untuk mendukung suksesnya program teknopolitan di Kecamatan Langgam, Pemkab Pelalawan meyakini sepenuhnya bahwa pembangunan kawasan Teknopolitan harus di dukung dengan suplay listrik yang memadai, sebagai akwasan yang berbasis teknologi tentunya semua fasilitas yang ada didalam nya harus terkoneksi dengan arus listrik.

Dengan telah di bangunnya PLTMG PT Langgam Power, dan telah tersedianya pasokan listrik sebesar 15 Megawatt yang dikendalikan oleh 5 turbin. Maka dipastikan program ini akan sangat bersinergi dalam mempercepat pembangunan Kabupaten Pelalawan ke depan.

Tak sampai di situ, melalui PLTMG Langgam Power, Pemkab Pelalawan juga merencanakan berbagi kebahagian dengan saudaranya daerah di Propinsi Riau untuk bersama sama menikmati kekuatan alam dari bumi Pelalawan yang di konversi menjadi energi tepat guna menerangi rumah rumah warga yang selama ini telah menjadi krisis bersama semua daerah.

 Pada tahun 2014 nanti, daya listrik PLTMG Langgam Power ini akan ditingkatkan menjadi 50 MW, dengan kekuatan sebesar itu dipastikan layanan listrik 24 jam tanpa pemadaman dapat dinikmati seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan yang tinggal di 12 Kecamatan.

Untuk mewujudkan hal itu kini sudah nampak dengan adanya perencanaan anggaran Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa dan Kelurahan (PPIDK). Dimana dalam PPIDK itu, salah satu itemnya bisa digunakan untuk kegiatan pengadaan instalasi listrik supaya Program Pelalawan Terang ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Pelalawan secepatnya.

Bersinerginya Program Pelalawan Terang dengan PPIDK menjadi langkah cepat dalam mengatasi minimnya jaringan listrik yang dibangun oleh PLN di Kabupaten Pelalawan, agar aliran listrik dapat sampai ke rumah warga tentunya Pemda Pelalawan harus mengambil kebijakan dengan mengambil alih tanggung jawab PLN dengan membangun jaringan listrik (tiang listrik) sampai ke pelosok desa tanpa harus menunggu anggaran dari PT PLN itu sendiri.

Dengan terus melakukan peningkatan kualitas layanan, kinerja dan penambahan turbin dan pastinya adanya kesepakatan bersama dengan PLN,  Delapan tahun dari Launching PLTMG Langgam Power ini, 200 Megawaat daya listrik tidak mustahil dihasilkan dari turbin turbin di PLTMG Langgam Power, artinya dengan daya sebesar itu kebutuhan listrik seluruh wilayah Riau akan terpenuhi.

Kerjasama yang baik dnegan perusahaan milik negera di bidang kelistrikan ini, bukan saja menguntungkan bagi Kabupaten Pelalawan sendiri, melainkan juga menguntungkan bagi PLN, jika di kalkulasikan pengeluaran setiap bulannya oleh PLN, pembelian daya listrik dari Langgam Power, dipastikandapat menekan pengeluaran sebesar 84 miliar pertahun. Yang artinya penghematan setiap bulannya mencapai 7 Miliar rupiah.

Kesuksesan PLTMG Langgam Power yang menjadi salah satu program unggulan Pemda Pelalawan telah membuktikan kepada masyarakat Pelalawan bahwa kemauan Pemerintah daerah untuk menerangi seluruh rumah warga telah terwujud. sebelum diresmikan PLTMG Langgam Power pun, sebagaian besar masyarakat di delapan kecamatan sudah menikmati penerangan listrik selama 24 jam.

Apressiasi atas keberhasilan ini pun datang silih berganti baik dari sesama daerah tingkat II, propinsi bahkan dari pusat, krisis listrik yang hampir menimpa seluruh tanah iar ini, dengan adanya PLTMG Langgam Power menjadi pilot projet mengatasi masalah krisis listrik di seluruh wilayah nusantara untuk melakukan hal yang sama seperti yang telah di lakukan oleh Pemda Pelalawan (Adv).

Editor : Apon Hadiwijaya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus