Bupati dan Wabup Baru Dilantik

Menggantung Asa di Tangan Haza

Senin,25 April 2016 | 11:16:00
Menggantung Asa di Tangan Haza
Ket Foto : Plt Gubri Arsyadjuliandri Rahman menyematkan tanda jabatan kepada Bupati Pelalawan HM Harris

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com) – Jum’at (22/4) sore, dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3 Kemendagri di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat  di penuhi oleh ratusan tamu undangan dari delapan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan Riau, di tambah tamu kehormatan dari Pemprop Sumut dan Riau.

Di Hari Jum’at itu, dua pasanga putra terbaik dari Propinsi Riau, pemenang Pilkada Kabupaten Pelalawan, HM Harris dan Zardewan bersamaan dengan pasangan putra terbaik dari Kabupaten Rokan Hilir, Suparman dan Sukiman yang diambil sumpahnya untuk menjadi kepala daerah di kabupatennya masing masing oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandri Rahman disaksikan menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo.

Pihak panitia dari kantor kemendagri memang membatasi tamu undangan yang mendapatkan jatah quota kursi, namun hal itu tidak menghalangi para pendukung dan masyarakat dari Kabupaten Pelalawan untuk menghadiri detik detik bersejarah bagi Harris Zardewan,walau hanya bisa mendapat tempat di luar gedung saja, banyak dari masyarakat Kabupaten Pelalawan yang setia menanti dilantiknya HM Harris dan Zardewan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan masa kepemimpinan lima tahun ke depan.

Bagi HM Harris ini kali keduanya diambil sumpah sebagai orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan, namun bagi Zardewan, moment tersebut kali pertamanya di rasakannya berbaju putih putih, pakaian kebesaran wakil bupati.

Seisi ruangan tampak hening ketika pembawa cara membacakan acara inti yakni oengucaoan sumpah bupati dan wakil bupati Kabupaten Pelalawan dan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu secara serentak.

Mewakili Menteri Dalam Negeri, Gubernur Riau, Arsyadjuliandri Rahman dengan penuh hikmad menuntun pasangan Bupati dan Wakil Bupati mengucapkan sumpah dan janji jabatan.

“Dengan mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan taufiq nya, pada hari ini Jum’at, tanggal 22 April 2016, Gubernur Riau atas nama Menteri Dalam Negeri dengan resmi melantik saudara HM Harris dan saudara Zardewan, berdasarkan keputusan menteri dalam negeri Republik Indonesia. saya percaya, bahwa saudara saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” tegas Gubernur Riau, Arsyadjuliandri di kata pembuka pembacaan sumpah jabatan saat pelantikan.

Sebelum sumpah jabatan dibacakan, Gubri terlebih dahulu menanyakan kepada HM Harris dan Zardewan apakah bersedia diambil sumpahnya dan menurut agama apa.

“Bersedia,” jawab Harris Zardewan kompak seraya mengatakan diambil sumpahnya berdasarkan agama Islam.

Diingat Gubri, bahwa sumpah/ janji akan diucapkan oleh pasangan Harris Zardewa mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan pancasilan dan Undang Undang Dasar 1945, serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat.

“Sumpah/janji ini disamping disaksikan oleh diri sendiri dan oleh semua yang hadir sekarang, juga penting sekali untuk disadari bahwa sumpah/janji ini disaksikan oleh tuhan yang  maha esa, karena tuhan itu maha mendengar dan maha mengetahui.” diingatkan Plt Gubri

Tegaskan kembali oleh Plt Gubri,  sumpah/janji ini hendaknya diucapkan dalam kesadaran yang sepenuhnya dengan kemauan yang sungguh-sungguh. sumpah/janji ini adalah janji terhadap tuhan yang maha esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.

“Sumpah/janji terhadap tuhan yang maha esa dan manusia yang harus ditepati dengan keikhlasan dann kejujuran,” tegasnya kembali

Selanjutnya, Plt Gubri menuntun pasangan Harris Zardewan untuk mengucapkan sumpah jabatan.

“Demi Allah, saya bersumpah,  akan memenuhi kewajiban saya sebagai,bupati/wakil bupati pelalawan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata harris zardewan bersumpah.

Setelah pembacaan sumpah/janji jabatan, Plt Gubri menyematkan tanda jabatan kepada Harris dan Zardewan. Seterusnya dilaksanakan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Plt Gubri dan Kepala Daerah yang dilantik serta oleh kedua saksi.

Dalam sambuatnnya, Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo mengingatkan kepada Kepala Daerah yang dilantik untuk mendukung program pemerintah Presiden Joko Widodo yakni Nawacita.

“Kepada Bupati dan Wakil Bupati yang di lantik hari ini jangan sampai lupa dengan janji kampanyenya kepada rakyat. Karena hal tersebut harus masuk rencana pembangunan di daerah, itu harus diingat,” tegas Cahyo

Setelah rangkaian acara berakhir, para tamu undangan yang hadir memenuhi tempat dilaksanakan nya pelantikan memberikan ucapan selamat kepada pasangan Harris Zardewan karena pasangan ini resmi memimpin negeri amanah seiya sekata lima tahun ke depan dengan harapan pasangan ini dapat membawa Kabupaten Pelalawan lebih maju lagi, masyarakat yang sejahtera dan pembangunan di segala bidang.

Usai acara pelantikan, HM Harris mengatakan bahwa apa yang menjadi cita citanya membuat perubahan yang lebih baik bagi Kabupaten Pelalawan akan diwujudkan dengan menuntaskan tujuh program  strategis yang selama ini di jalankan Pemkab Pelalawan.

“Visi dan Misi kita saat kampanye adalah untuk melanjutkan tujuh program strategis yang dinilai berhasil untuk mewujudkan cita cita masyarakat diantaranya menginginkan biaya pendidikan yang gratis, biaya berobat yang gratis, listrik masuk kerumah rumah warga, pembangunan sampai ke pelosok desa desa, peningkatan hasil pertanian, mengembangkan potensi wisata dan teknopolita, semua yang menjadi harapan itu sudah kita wujudkan melalui tujuh program strategis itu,” tegasnya (Apon)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus