Sukseskan Pelaksanaan SE 2016, BPS Pelalawan Rekrut 296 Petugas

Selasa,09 Februari 2016 | 02:11:00
Sukseskan Pelaksanaan SE 2016,  BPS Pelalawan Rekrut 296 Petugas
Ket Foto : Sensus Ekonomi tahun 2016

PANGKALAN KERINCI (SP)  - Sensus Ekonomi (SE) merupakan salah satu tugas amanah Badan Pusat Statistik (BPS) seperti yang tertera dalam Undang-undang Statistik Nomor 16 tahun 1997. SE telah dilaksanakan empat kali yaitu tahun 1976, 1986, 1996, 2006, dan akan dilaksanakan kembali tahun 2016.

Menjelang pelaksanaan SE 2016, BPS kabupaten pelalawan merekrut petugas SE. “Dari 400 lebih yang mengikuti seleksi, sekitar 296 orang yang lulus seleksi yang kita lakukan beberapa waktu lalu sebagai petugas sensus ekonomi yang terdiri dari 219 Petugas lapanagan (PCL) dan 77 Pengawas lapangan (PML)” ucap Agustinus Harianto Kepala BPS Pelalawan kepada Pelalawannewas.com.

Petugas SE yang lulus nantinya akan dibekali pelatihan tentang apa-apa saja indikator yang akan tanyakan kepada responden dalam bentuk angket. Setelah pendataan angket tersebut akan diproses dengan sistem scanner, secara otomatis apa-apa saja yang ditanyakan, dengan sendirinya data terinput dan apabila angket rusak atau terlipat maka akan dilakukan input manual namun itu diharapkan minim terjadi.

Pendataan yang dilakukan meliputi seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) yang mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di kabupaten pelalawan, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha.

Ia menyebutkan ada 14 variabel yang ingin disensus BPS yang mencakup 19 sektor usaha. Di antaranya nama dan alamat perusahaan, kegiatan, status badan usaha, upah, jumlah tenaga kerja, dan investasi.  Agustinus berharap responden bisa bekerja sama dengan petugas sensus.

 SE yang dilaksanakan tanggal 1 s/d 30 mei 2016 nanti akan mendapatkan informasi potret utuh perekonomian serta informasi yang valid dan akurat, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Dari 12 kecamatan, kecamatan pangkalan kerinci merupakan sebagai daerah yang dikategorikan terbnyak petugas SEnya karena sebagai pusat kota kabupaten pelalawan dan masyarakat serta pelaku usahanya paling banyak.

Berdasarkan data yang diperoleh maksimal 1 Pengawas Lapangan (PML) mengawasi  3 Petugas Lapangan (PCL) dan pendataan dilakukan berdasarkan blok sensus yaitu suatu lokasi yang  menjadi objek pendataan, satu blok umumnya terdiri dari 80 s/d 120 Kepala Keluarga.(Yatno)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus