Penderita HIV di Pelalawan Berjumlah 155 Orang

Jumat,04 Desember 2015 | 09:47:00
 Penderita HIV di Pelalawan Berjumlah 155 Orang
Ket Foto :

Di Kabupaten Pelalawan ,Riau,tercatat sebanyak 155 orang telah terjangkit virus Human Immunodeficiency Virus(HIV).  Dari jumlah tersebut,56 orang diantaranya sudah di pastikan menderita Acquired Immune Deficiency Syndrome(AIDS).

“25 diantaranya,yang terkena penyakit AIDS itu adalah meninggal. Tapi jika kita bertanya berapa jumlah penderita virus HIV di daeerah ini YA. 155 itu,” terang Sekteratis Komisi  penanggulangan AIDS(KPA) pelalawan,Asril SKM,Kamis(26-11).

Untuk Provinsi Riau jelas Asril,tahun kemaren Kabupaten Pelalawan berada di urutan ke4,namun tahun 2015 ini,KPA Pelalawan belum mengetahui dengan jumlah penderita sebanyak itu,daerah ini berada dalam urutan keberapa.

“Untuk urusan ini,biasanya akan dikeluarkan oleh KPA Provinsi. Namun untuk kasus HIV/AIDS,biasanya kecenderungannya tiap tahun meningkat,”Jelasnya.

Menurut Asril,khusus penderita HIV/AIDS fenomena yang terjadi adalah fenomena gunung es. Artinya,hanya bagian atasnya saja yang tampak,namun jika tidak mengali kedalam maka tak ditemukan jumlah penderita HIV/AIDS yang sebenarnya.

“Kita tak bisa memaksa seseorang untuk memeriksakan diri atau tes darah. Karena ini biasanya kesadaran sendiri untuk melakukan cek-up,”ujarnya.

Dan biasanya,imbuh Asril,ketika seseorang melakukan tes darah atau general cek-up baru ditemukan indikasi terkena virus HIV.

“Dan lagi,etikanya kita memang tak bisa mengekpose nama penderita jika seorang sudah ditanyakan virus HIV,”katanya.

Asril menambahkan,antisipasi dari KPA dan Diskes dengan cara mendatangi sekolah-sekolah dan kelompok-kelompok resiko tinggi guna memberikan sosialisasi terkait bahayanya penyakit HIV/AIDS

“Salah satu upaya kita adalah,jika tak bisa diobati maka lebih baik mencegah”Asril.*

Tulis Komentar
comments powered by Disqus