Tingkatkan Pengetahuan IT Aparatur Desa

Pemkab Pelalawan Teken Mou dengan Pt.Telkom

Kamis,12 November 2015 | 11:51:00
Pemkab Pelalawan Teken Mou dengan Pt.Telkom
Ket Foto : Pelatihan Pengetahuan IT Aparatur Desa

Pangkalan kerinci (pelawannews.com). Dalam  meningkatkan kualitas sumber daya manusia di pedesaan, Pemkab Pelalawan gelar pelatihan Ilmu dan Tekhnologi (IT).

Seiring perkembangan zaman, pengetahuan tentang ilmu dan tekhnologi tak bisa ditawar lagi. Semua pihak sudah mesti memahami dan mengetahui bagaimana memanfaatkan tekhnologi yang jelas-jelas sangat membantu kinerja. Terlebih bagi mereka yang bekerja di pemerintahan.

Penyampaian informasi tak lagi melalui kertas-kertas yang berjubel, akan tetapi cukup disampaikan lewat data yang sudah dimasukkan dalam website. Sekali klik, informasi yang dibutuhkan sudah bisa diketahui.

Inilah yang menjadi alasan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Pelalawan untuk menggelar pelatihan IT bagi aparatur desa dan masyarakat. Kegiatan dengan tema "Pelatihan Capacity Building aparat desa untuk meningkatkan tata kelola desa melalui progran IT" di Gedung Balitbang Pelalawan, Selasa-Kamis (10-12 Novenber 2015) itu mendapat apresiasi yang positif dari masyarakat.

Kepala Balitbang Kabupaten Pelalawan T Zulhelmi kepada pelalawannews.com, Selasa (10/11/2015) menyebutkan, tujuan dilaksanakannya acara tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas SDM. 

"Seiring dengan perkembangan zaman, IT ini mesti dikuasai oleh aparatur desa, sehingga mereka mengerti dan bisa menginformasikan RPJMDes. Jadi, tidak lagi melalui kertas-kertas, akan tetapi sudah bisa mereka input data tersebut di internet. Untuk bisa mencapai kearah itu, semua perangkat desa mesti diberi pelatihan dulu," terang Zulhelmi. 

Terkait dengan fasilitas, dikatakan Zulhemi, pihaknya akan meminta bantuan kepada Pemkab Pelalawan. Sementara untuk penyedian jaringan, sudah dilakukan kerjasama dengan PT Telkom. 

"Peserta kita harapkan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama pelatihan. Jika memang mereka ingin desanya maju, maka mereka mesti terjun langsung untuk membantu desa dalam menginput data. Untuk diketahui, IT desa itu wajib kedepannya. Jadi kalau tidak dimulai dari sekarang, maka mereka akan tertinggal," ujarnya.

Zulhelmi berharap, keberadaan IT ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi. Berbagai informasi bisa didapat dari situs atau web yang dimiliki desa. 

"Sesuai dengan intsruksi bupati, kita mesti merubah main set untuk kemajuan kedepan. Makanya hal ini kita laksanakan. Kalau tidak kita mulai dari sekarang, kapan lagi," pungkasnya. 

Hal yang sama juga disampaikan Kasi Pemerintahan dan Pendidikan Balitbang Kabupaten Pelalawan, H Alzikram.  Menurutnya, setelah pembekalan ini, setiap desa sudah bisa menggunakan website untuk penyampaian data. Jadi, penyampaian data itu tidak terlalu lama didapatkan. 

"Kedepan kita harapkan setiap desa sudah memiliki website sendiri. Kades, Sekdes, aparatur desa, dan masyarakat umum dilibatkan. Lewat internet nanti bisa menyampaikan informasi ke publik dengan cepat. Melalui IT kita berdayakan masyarakat untuk berlajar tekhnologi," tukasnya.(rik)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus