AKNP Gelar Wisuda Perdana

Selasa,13 Oktober 2015 | 02:58:00
AKNP Gelar Wisuda Perdana
Ket Foto : Rapat senat terbuka AKNP dalam rangka wisuda tahun 2015

PANGKALAN KERINCI (Pelalawannews.com) – Sejak resmi berdiri tiga tahun silam, tepatnya tanggal 29 September 2012, Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) dibawah naungan Program Diluar Domisili Polteknik Negeri Padang (PDD PNP) terus melakukan upaya untuk mencerdaskan anak negeri, meningkat-kan ketrampilan mereka agar dapat di terima di dunia kerja.

Guna menjawab kebutuhan tenaga kerja handal yang dibutuhkan ratusan perusahaan berskala internasional yang beroperasi di negeri seiya sekata ini, harus diakui selama ini tenaga kerja tempatan acap kali terpinggirkan oleh kebijakan perusahaan yang lebih mengutama tenaga skill yang tidak dipunyai oleh putra daerah.

Seiring perjalanan waktu, AKNP yang pendirian nya bertujuan untuk menghasilkan tenaga tenaga kerja terampil yang mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Kini akademi milik Pemda Pelalawan ini telah sukses mencetak tenaga kerja handal yang siap masuk ke lapangan kerja.

Pada tanggal 10 Oktober lalu, 86 lulusan AKNP mengikuti upacara wisuda yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Padang bersama dengan ribuan wisuda-wan/ti dari PNP dan empat Akademi Komunitas lain yang berda dibawah binaan PNP.

Kebanggaan pun tersirat pada raut wajah para pengelola AKNP, salah satu jebolannya berhasil meraih predi-kat Cumlaode dari lima Akademi Komunitas binaan PNP, atas nama Rahayu Kuntum Melati dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3.97. apa yang di raih oleh dara manis jurusan Teknik Informatika ini  telah membuktikan keberhasilan sistem pendidikan di Kabupaten Pelalawan, prestasi itu pun menjadi kado istimewa untuk HUT Kabupaten Pelalawan yang pada tanggal 12 Oktober 2015 genap berusia 16 tahun.

Selanjutnya, sehari usai perayaan HUT Kabupaten Pelalawan ke 16, pada hari Rabu (13/10) AKNP menggelar rapat senat terbuka dalam rangka upacara wisuda tahun 2015 yang bertempat di kampus AKNP jalan lintas Timur Pangkalan Kerinci.

Upacara wisuda ini turut dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Ir. Aidil Zamri MT, Ketua Senat PNP  Ir H Anzari Muluk M.Si, Wadir PNP, Direktur AKNP Mukhtarius S.Pd,M.Pd, Bupati Pelalawan HM Harris, Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin SH MH, Kadishutbun Hambali, Kasi Pendis Kemenag Dr. Edi Iskandar, anggota DPRD Pelalawan Abdullah, tokoh masya-rakat, perwakilan perusahaan, segenap civitas akademika AKNP Pelalawan, mahasiswa dan keluarga dari wisudawan/ti.   

Direktur AKNP Pelalawan Muktharius SPd. MPd dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan wisuda perdana ini dilaksanakan bersempena dengan Hari Jadi Kabupaten Pelalawan yang ke- 16. Hal itu dimaksudkan sebagai kado istimewa yang diper-sembahkan untuk Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

“Berdirinya AKNP Pelalawan merupakan program studi di luar domisili Politeknik Negeri Padang, ini merupakan langkah awal buat putra – putri Kabupaten Pelalawan untuk meraih masa depan yang lebih baik dan cemerlang. Alhamdulillah apa yang kita cita citakan selama ini, telah terwujud di hari ini, 86 lulusan kita telah mengenakan toga kebesaran wisuda yang artinya mereka telah siap untuk masuk di dunia kerja,” ungkap Mukhtarius

Muktharius juga mengatakan bahwa, Akademi Komunitas Negeri Pelalawan saat ini sedang menuju kemandirian. Proses kemandirian tersebut sedang berjalan, dan untuk menuju hal itu AKNP bersama Politeknik Negeri Padang sebagai pembina, telah melakukan berbagai persiapan. Serta AKNP juga terus menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk mendukung AKNP dalam melaksanakan berbagai program diantaranya yaitu, lulusan AKNP dapat bekerja di perusahaan dan industri komunitas.

“Sebagian besar alumni ini nantinya akan bekerja di perusahaan yang sudah menjalin kemitraan dengan AKNP, dan ada juga akan melanjutkan studi di Politeknik Padang dan kampus lain,” lanjutnya

Ditambahkannya, bahwa pendirian kampus ini sebagai modal untuk menciptakan SDM yang produktif, untuk menghadapi era masya rakat ekonomi ASEAN (MEA) di penghujung ta hun 2015. Peningkatan keterampilan bagi generasi muda, calon tenaga kerja yang merupakan tanggungjawab dunia pendidikan.

”Pendirian pembangunan kampus ini sangat membuahkan hasil, dimana lulusan kita pada wisuda perdana ini menjadi pemuncak pertama di tingkat PDD dan tingkat Poleteknik Negeri Padang diharapkan lulusan kita lebih produktif yang mampu bersiang pada skala lokal, nasional dan global,”harapnya. 

Sementara itu Bupati Pelalawan HM.Harris dalam sambutannya mengatakan, secara pribadi sangat merasa terharu atas pelaksanaan wisuda perdana mahasiswa/i AKNP ini. Karena amanat pertama yang disampaikan oleh para tokoh pendiri Kabupaten Pelalawan adalah agar memperhatikan pendidikan dan meminta agar di Pelalawan ini didirikan Akademi.

“Rencana pendirian Akademi di Pelalawan ini sudah di awali pada kepemimpinan Bupati Pertama yaitu T. Azmun Jaafar namun hal itu belum bisa terlaksana. Juga pada masa Pak Rustam Efendi menjabat sebagai Bupati, niat itu kembali di gagas, namun  belum juga terlaksana. Dan baru Pada tahun 2013 rencana mendirikan Akademi itu dapat terlaksana dan diberi nama Akademi Komunitas Negeri Pelalawan,” ujarnya HM Harris

Bupati Harris juga merasa bangga, karena salah satu dari mahasiswa yang di wisuda mendapat nilai tertinggi dan menjadi pemuncak pertama )  di tingkat PDD dan tingkat Politeknik Negeri Padang dalam bidang akademik program studi manajement informatika. Atas nama Rahayu Kuntum Melati.

Dan untuk peraih nilai IPK tertinggi dari lima PDD PNP ini, Bupati akan membantu Rahayu Kuntum Melati untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnnya. “Kalau tidak menyalahi aturan, anak tersebut akan dibiayai oleh Pemerintah Daerah, tapi kalau memang menyalahi aturan maka pribadi Bupati Harris yang akan membantu biaya pendidikan ke jenjang selanjutnya,”janjinya

HM Harris juga mengatakan, keberhasilan ini patut disyukuri oleh semua pihak, dengan harapan para wisuda dan wisudawati yang dikukuhkan pada hari ini dapat menyumbangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengisi pembangunan di daerah. Dirinya menyadari dunia pendidikan di. Negeri amanah saat ini sudah mengalami kemajuan dengan kondisi beberapa tahun yang lalu. Kondisi ini membawa dampak positif, terlihat SDM Pelalawan yang semakin meningkat.

”Pada momentum bersejarah ini, saya berharap agar lulusan AKNP dapat menjadi generasi-generasi baru yang mau peduli terhadap pendidik dan pembangunan secara keseluruhan. Mari kita bangkit untuk mengejar ketertinggalan dengan cara menghadirkan konsep dan pemikiran baru,” tandasnya

Wartawan : Apon Hadiwijaya

 

Tulis Komentar
comments powered by Disqus