UMK Pelalawan Ditetapkan Sebesar 1.71 Juta

Sabtu,09 November 2013 | 10:53:00
UMK Pelalawan Ditetapkan Sebesar 1.71 Juta
Ket Foto :
PELALAWAN – Akhirnya Upah Minimun Kabupaten (UMK) tahun 2014 untuk tenga kerja di Kabupaten Pelalawan di tetapkan sebesar 1.710.000 rupaih. Angak tersebut didapat setelah melalui rapat tripartit antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pelalawan, Dewan Pengupahan Kabupaten, Serikat Pekerja yang dil;aksanakan di Hotel Dikaraya Pangkalankerinci. 
Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Pelalawan H. Nasri Fisda, mengatakan bahwa angka yang ditetapkan untuk UMK tahun 2014 mendatang telah disepakati semua pihak.
"Alhamdulillah, kita telah menetapkan UMK Pelalawan untuk tahun 2014 mendatang sebesar Rp 1.710.000 ribu. Rapat berjalan lancar, dan tidak ada voting karena semua sudah sesuai dengan besaran UMK di daerah ini untuk tahun depan," terangnya
  Besaran UMK di Pelalawan untuk tahun 2014 itu dinilai sudah berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di Kabupaten Pelalawan. Dan besaran UMK yang telah ditetapkan itu mengalami kenaikan sebesar 18,33 persen dari UMK tahun 2013 yang sebesar Rp 1.455.000.  
"Terjadi kenaikan sebesar 18,33 persen dari UMK tahun ini. Angka tersebut sudah sesuai denga Kebutuhan Hidup Layak (KHL) kita, sebesar Rp. 1.165.600,-," kata Nasri seraya mengatakan bahwa selain unsur tripartit tadi, rapat juga dihadiri oleh dewan pakar dari Universitas Riau (Unri).
Pasca penetapan ini, sambungnya, maka pihaknya akan segera menyurati Bupati Pelalawan untuk melaporkan penetapan UMK ini. Kemudian setelah itu, Bupati Pelalawan akan menyampaikan hal tersebut ke Gubernur Riau, untuk segera diterbitkan Surat Keputusan (SK) nya. usai itu, baru kemudian pihak Disnakertrans Pelalawan akan segera mensosialisasikan UMK ini, ke semua perusahaan di kabupaten Pelalawan.
"Insya Allah SK Gubri ini dalam waktu dekat akan selesai dan sampai ke kita. Karena waktunya singkat, tanggal 1 Januari 2014 akan segera diberlakukan, dan kita juga butuh waktu untuk mensosialisasikannya," papar mantan Kadishub Pelalawan ini.
Dan pasca penetapan ini, lanjutnya, maka pihak perusahaan tak dibenarkan lagi untuk tidak menetapkan UMK yang mulai berlaku tanggal 1 januari 2014 mendatang ini. Pasalnya, penetapan UMK Pelalawan ini sendiri sudah sesuai dengan ketentuan, yang diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor 1 tahun 1999, tentang Upah Minimum. 
"Sedangkan untuk waktu penetapannya juga sudah diatur dalan Keppres," tandasnya.
Ditambahkannya, jika ada perusahaan yang tidak menetapkan UMK Pelalawan yang berlaku tanggal 1 Januari 2014 mendatang ini, maka pihaknya akan  memberikan sanksi pada perusahaan tersebut.(SP)
 
Tulis Komentar
comments powered by Disqus