Sikapi Insiden Tolikara

FKUB Gelar Pertemuan Lintas Agama

Sabtu,25 Juli 2015 | 09:25:00
FKUB Gelar Pertemuan Lintas Agama
Ket Foto : Dihadiri oleh Sekdakab HT Mukhlis, Kapolres AKBP Ade Johan Sinaga dan Kemenag Zulkifli menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama se Kabupaten Pelalawan bahas insiden Tolikara dan antisipasi agar dampaknya tidak meluas sampai ke wilayah Kabupaten Pelal

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com) – Bertempat di ruang pertemuan Kantor Bupati Pelalawan, Jum at (24/7),  Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang diwakili oleh Sekdakab HT Mukhlis M.Si menggelar pertemuan bersama tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan organisasi keagamaan serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pelalawan. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan Hasudungan Sinaga S.Ik dan Kepala Kemeterian Agama  Zulkifli S.Ag.

Pertemuan yang digelar untuk membahas insiden Tolikara di papua tanggal 17 Juli 2015 kemarin, serta untuk mencari solusi antisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi di wilayah Kabupaten Pelalawan yang merupakan masyarakat majemuk terdiri atas berbagai etnis dan agama.

Dalam pernyataan sikap dari pertemuan tersebut diantaranya mengecam terjadinya insiden Tolikara dan mendukung upaya pengegakan hukum yang dilakukan oleh Polri dan percepatan proses rekonsialiasi yang dilakukan Pemerintah.

Dalam lingkup Kabupaten Pelalawan, Kepada para tokoh lintas agama dihimbau untuk mengedepankan kerukunan antar umat beragama dan menjaga toleransi umat beragama dalam bingkai menjaga keutuhan NKRI.

FKUB diminta untuk terus melakukan komunikasi yang intensif dalam mengawal stabilitas kerukunan beragama yang telah terbangun sejak lama di Kabupaten Pelalawan.

Para tokoh agama dan tokoh masyarakat diminta menenangkan dan mengontrol umat masing-masing, untuk tidak melakukan tindakan yang merusak kerukunan antar umat beragama.

Masyarakat Kabupaten Pelalawan diminta untuk tidak terpengaruh dengan insiden tersebut, dan menolak setiap upaya memprovokasi masyarakat berkaitan dengan insiden tersebut.

Sikap yang terakhir, jika mencurigai tindakan tindakan yang berpotensi mengganggu stabilitas sosial dan kerukunan hidup beragama dilingkungan masing-masing untuk segera melaporkan kepada aparat terkait.

Pernyataan bersama tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan ditandatangani oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) yang hadir, disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekdakab) Pelalawan, Tengku Mukhlis, Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan H Sinaga dan Kemenag Pelalawan Drs Zulkifli

Wartawan : Erik Suhenra

Tulis Komentar
comments powered by Disqus