Sambut Ramadhan

Sore ini, di Langgam di Gelar Ritual Potang Mogang

Senin,15 Juni 2015 | 09:37:00
Sore ini, di Langgam di Gelar Ritual Potang Mogang
Ket Foto : Camat Langgam Sugeng Wiharyadi S.Sos
LANGGAM (Pelalawannews.com) - Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H, Masyarata adat Kecamatan Langgam akan menggelar tradisi mandi Balimau yang masyarakat setempat mengenalnya dengan tradisi potang mogang.Siang ini Potang mogang akan di laksanakan di Balai Ranah Tanjung Bunga Kelurahan Langgam.
Tradisi Potang Mogang merupakan kebudayaan asli masyarakat Langgam yang tetap lestari sampai saat ini. Sore ini (14/6) akan di gelar ritual mandi Balimau di Langgam.
Hal ini diungkapkan oleh Camat Langgam Sugeng Wiharyadi S.Sos kepada SP mengatakan bahwa sebelum hari H pelaksanaan mandi balimau, selama empat hari sebelumnya sudah dilakukan rangkaian acara potang mogang mneyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.
“Insya Allah Senin sore, akan dilaksanakan tradisi mandi balimau potang mogang,”jelas Sugeng, Sabtu (12/6) kemarin.
Masih menurut Sugeng, rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, pentas seni yang dilaksanakan pada Jum at dan Sabtu malam, sedangkan pada hari minggu diadakan ziarah kubur, dimana pada rangkaian ini masyarakat Langam bersama sama mendatangi makam untuk berziarah, sambil membersihkan makam dan memanjatkan doa bersama.
“Pagi nya minggu kita melaksanakan ziarah kubur bersama,” lanjutnya
Usai pelaksanaan ziarah kubur kegiatan dilanjutkan dengan seminar adat yang berteat di balai adat Langgam dan diikuti oleh seluruh ninik mamak, pemangku adat se Kecamatan Langgam, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ninik mamak dan pemangku adat mengenai hal hal yang bersifat adat istiadat.
“Tema seminarnya adalah Adab dalam Adat Istiadat, dengan pemateri dari LAM dan Lembaga Adat Minang Kabau,” beber mantan Camat Bunut ini.
Rangkaian acara selanjutnya yang dijadwal panitia balimau Potang Mogang Kecamatan Langgam dengan menggealr tablik akbar pada Minggu malam.
“Baru pada  Senin, puncak kegiatan Potang Mogang akan dilaksanakan di Balai Ranah Tanjung Bunga Langgam,” katanya
Dalam susunan agenda kegiatan Mandi Balimau Potang Mogang, seperti tahun tahun sbeelumnya,akan dilaksanakan upacara adat togak tonggol yang dipimpin oleh Datuk Rajo Bilang Bungsu, tonggol ini sejenis bendera panji adat sebagai simbol kebesaran suku-suku di kalangan masyarakat adat Langgam.
“Dalam acara itu akan ada arak arakan panji adat, tegak tonggol yang kemudian baru lah mandi balimau dilaksanakan dengan penyiraman air suci oleh pak bupati kepada tiga perwakilan tokoh masyarakat yang dipilih,” sambungnya
Untuk menyemarkkan tradisi potang mogang itu, panitia juga mengadakan lomba sampan hias yang diikuti oleh instansi pemerintah dan masyarakat, selain untuk memperebutkan hadiah juga untuk memberikan hiburan kepada pengunjung.
“Semua rangkaian itu merupakan satu kesatuan dari  tradisi masyarakat Langgam yang akan dilaksanakan setiap tahunnya, untuk menyukseskan kegiatan ini, kita su dah membentuk panitia sejak jauh jauh hari, agar  pelaksanaan pada hari H nya berjalan lancar,” harapnya 
Wartawan : Apon Hadiwijaya
 
Tulis Komentar
comments powered by Disqus