Persiapan Pemilukada

Panwaslu Adakan Seleksi Calon Panwascam

Senin,15 Juni 2015 | 09:24:00
 Panwaslu Adakan Seleksi Calon Panwascam
Ket Foto : Panwaslu
PANGKALAN KERINCI (SP) - Agar kompetisi berjalan dengan fair, diperlu kan wasit untuk melakukan pengawasan agar kompetisi tidak keluar jalur dan untuk menghindari adanya pelanaggaran yang dilakukan oleh peserta kompetisi.
Begitu juga dengan pelaksanaan pesta demokrasi di tanah air, pemerintaha telah memberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan tas jalannya pemilu kepada panitia Pemilihan Umum (Panwaslu).
Untuk di tingkat daerah, dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) pengawasan di berikan kepada Panwaslu di daerah itu. Mengingat luas wilayah dan banyaknya pemilih yang akan diawasi, maka Panwaslu daerah akan membentuk Panitia Pengawas di tingkat Kecamatan.
Dalam Pemilukada Kabupaten Pelalawan yang akan di gelar serentak dengan delapan Kabupaten/Kota lain di Riau pada Desember ini, jelang waktu sudah mulai dihitung mundur, atau enam bulan dari hari H pencoblosan.
Persiapan mulai di ancang ancang oleh penyelenggara pemilu, Panwaslu sebagai pengawas, sudah mulai melakukan proses seleksi panwascam, saat ini sudah melalui tahap administrasi. 105 pelamar sudah mengirimkan berkasnya.
“Sudah ada 105 berkas yang masuk ke kita, setelah kita lakukan seleksi administrasi, hanya 82 yang dinyatakan lulus dan akan mengikuti tahap selanjutnya,”ujar Ketua Panwaslu Pelalawan, Djamaluddin Ali kepada SP.
Tahap berikutnya yang akan diikuti oleh 82 orang yang lulus administrasi itu adalah test tertulis yang akan dilakukan pada Senin (15/6) yang bertempat di gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci.
“Tempat nya di gedung daerah, tapi seleksi tertulis itu bagi calon Panwasca untuk 10 kecamatan saja, kecuali Kecamatan Teluk Meranti dan Kecamatan Kuala Kampar. Untuk calon Panwascam dari dua kecamatan ini tes tertulisnya akan diadakan di kecamatan masing masing, artinya kita yang akan datang ke sana,” terang Djamal
Jika test tertulis nanti, calonPanwascam di nyatakan lulus, maka yang bersangkutan berhak untuk mengikuti tes wawancara. Pada tes terakhir ini juga dinyatakan lulus maka pada tanggal 29 Juni ini akan dilantik.
“Setelah melalui tahapan wawancara, akan diambil tiga calon anggota yang terbaik.Mereka nantinya akan melaksanakan tugas pengawasan di wilayah kecamatan masing-masing,”paparnya
Namun untuk menyamakan persepsi, sesuai dengan uraian tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas pemilukada, anggota Panwascam akan diberikan pembekalan tentang pengawasan pilkada.
“Tugas dan tanggung jawab mereka melakukan pengawasan terhadap jalannya pilkada, bagaimana proses melakukan laaporan jika ada temuan, dan sebagainya yang berkaitan dengan fungsi pengawasan akan di berikan dalam pembekalan itu,” tambahnya.
Djamal berharap melalui seleksi ini akan didapat panwascam panwascam yang dapat diandalkan untuk melakukan fungsi pengawasan di wilayah kerjanya. dapat bersikap netral, dan tanpa mau kompromi dnegan pelanggaran yang ditemukananya.
“Integritas mereka yang kita butuhkan, baik buruknya penyelanggaraan pemilukada kita ini sangat berganatung pada mereka yang berada di lapangan,” harapnya
 Dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam menyukseskan pemilukada mendatang, partisipasi itu dapat ditunjukkan dengan melaporkan jika ada indikasi kecurangan dalam setiap tahapan pemilukada itu.
“Tentunya kita berharap partisipasi masyarakat semua, pemilukada yang demokratis akan melahirkan pemimpin yang amanah,‘ pungkansya
Wartawan : Apon Hadiwijaya
 
Tulis Komentar
comments powered by Disqus