Jelang Pemilukada Pelalawan

Kasyadi Daftar Jadi Balon Wabup

Senin,25 Mei 2015 | 04:21:00
Kasyadi Daftar Jadi Balon Wabup
Ket Foto : Balon Wabup, Kasyadi

PANGKALAN KERINCI (Pelalawannews.com) – Tahapan penjaringan bakal calon (Balon) kepala daerah di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Riau masih terus berproses. Beberapa tahapan sudah dilakukan. Mulai dari proses penjaringan, serta wawancara Balon. Baru kemudian dilakukan fit and propert test. Nama-nama yang lolos inilah nantinya akan dikirim ke DPP untuk kemudian ditetapkan sebagai calon yang akan diusung PDI Perjuangan.

Dari DPC PDIP Pelalawan, sembilan nama yang sudah di verifikasi dan diajukan untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya di DPD PDIP Riau, tiga dari nama itu adalah kader partai, Zukri Misran, Suprianto dan Kasyadi.

Anggota DPRD Pelalawan dari PDIP, Kasyadi kepada Pelalawannews.com menyatakan tekadnya untuk ikut mencalonkan diri pada pemilukada nanti melalui partai banteng moncong putih yang selama ini mebesarkannya, namun dikatakannya, posisi yang incarnya untuk kursi wakil bupati.

“Ya, saya sudah mengikuti test yang diadakan oleh DPD PDIP Riau, namun saya maju sebagai bakal calon wakil bupati,” katanya

Lebih lanjut dikatakan Kasyadi, pertimbangan yang matang membuatnya memantapkan pilihan untuk berebut kursi wakil bupati di pemilukada nanti, salah satu pertimbangannya Pelalawan saat ini masih membutuhkan sosok putra daerah untuk mengisi kursi Pelalalwan satu.

“Saya hars tau diri, sebagai pendatang, saya harus legowo sebagai bakal calon wakil Bupati, karena  menurut saya belum saatnya Kabupaten Pelalawan ini dipimpin oleh pendatang,” ucapnya lugas

Walau berdasarkan kriteria untuk menjadi bakal calon bupati, seperti integritas, kualitas, elketabilitas dan populeritas tidak menjadi masalah baginya, karena sudah malang melintang sebagai wakil rakyat di Kabupaten Pelalawan ini, namun untuk persyaratan  finansial diakuinya masih belum dipunyainya saat ini.

“Secara realistis harus saya akui, untuk menjadi calon bupati harus juga memiliki isi tas yang besar, jujur saya tidak kuat untuk itu,” akunya

Dengan semangat untuk membangun Kabupaten Pelalawan lebih baik lagi kedepannya, Kasyadi secara mental siap mengikuti setiap tahapan dalam penjaringan yang dilaksanakan oleh DPD PDIP Riau, hasilnya diserahkan kepada DPP Pusat yang akan merekomndasi orang orang yang dipercaya untuk diusung sebagai calon kepala daerah di pemilukada nanti.

“Sebagai kader dan orang yang berniat membangun Kabupaten Pelalawan tentunya saya harus mengikuti mekanisme yang berlaku di Partai, jika nanti saya di rekomendasikan untuk wakil atau pun sebagai calon bupati maka saya akan siap menjalankan perintah partai, begitu juga jika saya tidak mendapatkan rekomendasi itu, saya akan tetap dukung keputusan DPP,” tegasnya

Terkait suara dari warga asal Jawa yang besar dinilai menjadi penentu kemenangan calon kepala daerah di Kabupaten Pelalawan, Kasyadi membeberkan bahwa masyara kat Jawa saat ini tidak terpaku pada persamaan daerah asal dalam menentukan pilihan, namun pilihan masyara kat Jawa berpatokan pada sosok calon yang diusung sesuai dengan pilihan mereka.

“”Itu sudah di buktikan oleh Pak Anas dan pak Narsum pada pemilukada 2011 silam, saat itu pak Narsum sebagai Ketua Paguyuban Jawa, namun tak semua orang Jawa memilih pasangan ini,  jadi menurut saya masyarakat jangan dikatomi, jangan di kotak kotak, biarlah masyarakat yang menentukan pilihan mereka sendiri,”ungkapnya

Untuk bertarung di pemilukada nanti, tentunya Kasyadi membutuh dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Pelalawan, tidak terkecuali dari masyarakat Jawa yang jumlahnya sangat besar di Pelalawan ini.

“Tentu saya membutuhkan dukungan semua pihak, secara pribadi saya memang melakukan komunikasi dengan masyarakat Jawa yang saya kenal, tapi saya tidak membawa paguyuban, saya tidak mau mengkatomi masyarakat berdasarkan kedaerahannya,” imbuhnya

Ketika ditanya, perihal dirinya hanya mau dicalonkan sebagai calon wakil bupati, siapa pasangan yang dinilainya layak untuk bersanding dengannya pada pemilukada nanti, Kasyadi membuka semua wacana digandeng dengan siapa saja nantinya.

“Saya mendaftar di PDIP, kalau keputusan DPP menetapkan saya disandingkan dengan kader PDIP juga atau dengan siapa saja saya siap,” tandasnya seraya mengatakan kesediannya disandingkan dengan incumbent.

Wartawan : Apon Hadiwijaya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus