Hari ini, Diskessos Gelar Sosialisasi PKH 2015

Senin,25 Mei 2015 | 09:39:00
Hari ini, Diskessos Gelar Sosialisasi PKH 2015
Ket Foto : Kadiskessos Kabupaten Pelalawan Fahrizal M.Si
PANGKALAN KERINCI (Pelalawannews.com) - Hari ini, Dinas Kesejahteraan Sosial )Diskessos) kabupaten Pelalawan akan menggelar sosialisasi Porgram Keluarga harapan yang bertempat di auditorium kantor bupti Pelalawan.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Diskessos Pelalawan Fahrizal M.Si kepada Pelalawannews.com mengatakan bahwa sosialisasi ini dimaksudkan untuk memperkuat pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kabaupaten Pelalawan.
“Untuk memperkuat pelaksanaan PKH, makanya kita adakan sosialisasi yang akan diikuti oleh seluruh sekretariat Unit Pelaksana Program Keluaraga harapan atau UPPKH di setiap kecamatan penerima seperti camat, UPTD Kesehatan dan pendamping PKH,”jelasnya
Dilanjutkannya, sosialisasi yang dibuka oleh Bupati Pelalawan itu, akan mendatangkan narasumber dari Kementerian Sosial, Koordinator Wilayah PKH Riau dan Dinas Sosial Riau. Dengan adanya narasumber yang berkompeten diharapkan para peserta sosialisasi lebih memahami arah yang akan dicapai dari PKH itu.
“jelas, dengan adanya narasumber yang kompeten itu, para UPPKH di setiap kecamatan penerima menjadi faham maksud dan tujuan PKH,” imbuhnya seraya mengatakan di Kabupaten Pelalawan sembilan kecamatan sebagai penerima PKH diantaranya, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Kuala Kampar, Kecamatan Teluk Meranti, Kecamatan Bunut, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kecamatan lesung, Kecamatan Ukui, dan kecamatan Kerumutan, sedangkan tidag kecamatan lainnya yakni Kecamatan Bandar Seikijang, Kecamatan Pelalawan dan kecamatan Bandar Petalangan di rencanakan akan menerima di tahun 2016 nanti “ sudah kita usulkan, insya Allah, tiga kecamatan itu akan menerima di tahun 2016 nanti,”katanya
Selain itu, sosialisasi ini juga untuk meningkatkan komitmen satuan kerja (Satker) terkait, seperti Bappeda sebagai Ketua koordinasi di tingkat Kabupaten, Diskessos, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.
“PKH ini lebih mengkhususkan memberikan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada rumah tangga miskin, sehingga meningkat kualitas hidupnya,”tambahnya
Berkaitan dengan substansi program Keluarga Harapan sangat sejalan dengan arah pembangunan Kabupaten Pelalawan yaitu Penetapan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai Indikator utama Keberhasilan Pembangunan Daerah, dimana komponen Kesehatan dan Pendidikan merupakan program utama dari PKH.
“Sebagaimana diketahui, Pendidikan dan Kesehatan menjadi  salah satu program strategis pemerintah daerah,” tandasnya
Diterangkan fahrizal, PKH merupakan program dari kementerian sosial yang bertujuan memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya keluar dari perangkap kemiskinan. 
“Kalau keluarga itu mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, pendidikan yang lebih baik, maka dipastikan anak anak mereka nanati akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik pula, itu lah tujuan dari PKH itu,” jelasnya 
Untuk berhasilnya program tersbeut, tentu tidak terlepas dari peran utama para pelaksana di lapangan, pendamping, camat, UPTD Kesehatan dan UPTD Pendidikan.
“itulah gunakan terus kita adakan sosialisasi ini, untuk meningkatkan pemahaman UPPKH tingkat kecamatan dalam mengakses PKH di wilayah kerjanya, mereka ini lah yang akan mengecek apakah keluarga penerima program PKH ini menyekolahkan anak nya atau tidak atau mereka membawa berobat jika ada anaknya sakit, itu kan petugas dilapangan yang tau, peran itu yang kita tingkatkan terus,” tegasnya
Untuk tahun 2014 ini, Kabupaten Pelalawan menerima lebih dri 2,6 Miliar untuk membantu keluarga miskin keluar dari jerat kemiskinan.
“2,6 Miliar lebih dari APBN untuk PKH di Kabupaten Pelalawan, Insya allah tahun depan akan ditingkatkan, itu sudah kita usulkan ke pusat,” katanya
Fahrizal optimis program PKH ini akan berhasil di Kabupaten Pelalawan, karena program ini sejlan dengan langkah Pemkab Pelalawan mengejar RPMJD Bupati tahun 2016.
“Kita optimis akan terealisasi, “janjinya
Walau saat ini, mantan Kabag pembangunan Setda Pelalawan ini tengah mengikuti Assesment untuk mengisi 18 jabatan lowong di Pemkab Pelalawan, yang artinya tidak berapa lama lagi dirinya akan meninggalkan kursi Kadiskessos, dikatakannya bukan berarti akan melepaskan tanggung jawabnya diakhir jabatan.
“Kalau itu masalah yang berbeda, saat ini saya masih Kadiskessos, tanggung jawab moral saya untuk menuntaskan apa yang menjadi tugas saya, secara pribadi juga menjadi keinginan saya untuk mengeluarkan masyarakat Pelalawan dari kemiskinan,sampai hari sertijab, saya akan melakukan yang terbaik di Diskessos ini, “pungkasnya (Apon)
 
Tulis Komentar
comments powered by Disqus