Banjir Tahunan Datang

Camat Pelalawan Imbau Warga ”Waspada”

Sabtu,09 November 2013 | 10:45:00
Camat Pelalawan Imbau Warga ”Waspada”
Ket Foto : Camat Pelalawan Djoko Purnomo M.Si
Pelalawan (SP)- Banjir tahunan tanpaknya sudah mulai menunjukan pertanda bagi masyarakat kabupaten pelalawan, khususnya masyarakat yang tinggal ditepi aliran sungai Kampar seperti, Kecamatan Langgam, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Teluk Meranti. debet air mulai meninggi mengenangi pemukiman warga, menghambat akses transportasi, dan masalah l;ain yang mungkin saja muncul, saat banjir mapun pasca air menyurut. 
Beberapa rumah warga Kelurahan Pelalawan sudah mulai dimasuki pelanggan tahunan, jalan utama yang menjadi akses menuju Kecamatan Pelalawan sudah dihambat genangan air yang cukup besar hampir mencapai pinggang orang dewasa. fenomena seperti ini memang menjadi pemandangan tahunan warga  Kecamatan Pelalawan terutama yang bermukim di sepanjang tepian sungai Kampar.
Menanggapi akan datangnya banjir tahunan ini, Camat Pelalawan, Joko Purnomo, S.Sos. MSi mengimbau kepada masyarakatnya untuk  tetap waspada terhadap datang banjir tahunan ini.
“Saya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dialiran sungai Kampar agar waspada karna banjir dalam waktu dekat akan menjumpai kita,” Ujarnya kepada SP, Jum’at (8/11) di Balai datuk penghulu koto pasca sertijab camat yang lama ke camat Pelalawan yang baru.
Dilanjutkan Joko yang baru dua minggu menjabat sebagai camat Pelalawan ini, Banjir merupakan langganan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Pelalawan hampir setiap tahun mengalami itu. Berbekal pengalaman banjir terdahulu masyarakat harus siap.
“Kita harus waspada, anak-anak yang masih kecil jangan dibiarkan bermain air kalau lengah orang tuanya, bisa fatal, hewan peliharaan diletakkan ditempat yang aman. Mudah-mudahan banjir tahun ini tidak terlalu besar sehingga aktivitas masyarakat tidak tertanggu, kalaupun terjadi banjir besar yang bisa melumpuhkan aktivitas masyarakat tentu pemerintah daerah akan segera tanggap. Insyallah bantuan-bantuan untuk masyarakat yang terkena banjir sudah disiapkan pemerintah, tidak mungkin pemerintah tidak peduli kepada rakyatnya,” bebernya mantan Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan di BPMPD ini.
Himbauan waspada ini tidak juga diarahkan kepada masyarakat saja, Joko meminta kepada aparat pemerintah kecamatan, kelurahan, desa sampai tingkat rukun tentangga (RT) se-Kecamatan Pelalawan agar siap melayani masyarakat apabila banjir terjadi nanti.
 “Tugas kita ini melayani masyarakat, kita digaji oleh negara untuk membantu masyarakat dalam kesulitan apapun sesuai aturan berlaku, jangan sampai masyarakat tidak mendapatkan haknya sebagai warga negara, salah kita. saya tidak mau mendengar staf saya di Kecamatan Pelalawan, aparat kelurahan dan desa yang tidak peka terhadap kebutuhan dan keluhan masyarakatnya,’’ tandas Joko mengakhiri *** (Nol )
 
Tulis Komentar
comments powered by Disqus