Persiap Helat Pilkada

KPUD Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS

Rabu,13 Mei 2015 | 09:13:00
KPUD Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS
Ket Foto : Ketua KPUD Pelalawan Nasaruddin SH MH

PANGKALAN KERINCI (Pelalawannews.com) - Riak suasana pilkada sudah mulai terasa, masing masing parpol sudah mempersiapkan diri untuk turut serta menyemarkkan pesta demokrasi memilih kepala daerah untuk masa kepemimpinan lima tahun kedepan, partai politik sudah membuka penjaringan bakal calon untuk menjaring siap siapa yang layak diusung pada pilkada nanti.

Sikap ambil ancang ancang lebih dini yang dilakukan partai politik agar keikutsertaan mereka di  pilkada nanti memiliki makna tersendiri utamanya mengantarkan calon yang diusungnya di kursi bupati Pelalawan.

Lain halnya persiapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilihan umum, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pelalawan saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menghelat pelaksanaan pesta demokrasi agar berjalan secara jujur dan adil.

Saat ini KPUD Pelalawan tengah melakukan seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), seleksi telah dilaksanakan dari tanggal 9 Mei kemarin direncanakan pada tanggal 14 Mei nanti semua PPK dan PPS di setiap kecamatan dan desa/kelurahan  sudah terbentuk.

“Kita tengah melakukan seleksi terhadap calon PPK dan PPS yang sudah mendaftar, dari pelmara yang masuk itu kita adakan seleksi dengan tahapan seleksi administrasi, test tertulis dan wawancara terkait kompetensi untuk menyelenggarakan pemilu di kecamatan yang menjadi wilayah tugasnya,” terang Keta KPUD Pelalawaan Nasarudin SH MH

Lebih lanjut dikatakannya, untuk calon PPK, test wawancara di laksankan di kecamatan masing masing, untuk saat ini sudah ada enam kecamatan yang sudah melakukan tahapan seleksi  yakni test wawancara.

“Sudah ada enam kecamatan yang telah melaksanakan test wawancara, pada hari pertama tanggal 9/5 kemarin di lakukan test wawancara bagi calon PPK kecamatan Pangkalan Kerinci, hari kedua Kecamatan Pangkalan Kuras dan Ukui, hari ketiga kecamatan Bunut dan Langgam dan hari keempat tanggal 12 Mei di Kecamatan Bandar Petalangan dan Kecamatan Kerumutan,” bebernya

Pelaksanaan test wawancara akan berakhir 14 Mei, dan KPUD Pelalawan akan mengumumkan nama nama petugas PPK dan PPS yang menjadi ujung tombak suksesnya pelaksanaan pemilukada di amsing masing wilayah tugasnya.

“Setelah hasil seleksi kita dapat, dan kita umumkan siapa yang menjadi PPK dan PPS nanti, untuk PPK akan dipilih lima orang untuk tiap kecamatan, sedangkan untuk PPS dipilih tiga orang per desa, mereka akan dilantik pda tanggal 18 Mei nanti,” jelas Nasar mendetil.

Setelah dilantik nantinya, para petugas penyelenggara pemilukada di tingkta kecamatan maupun pada tingkat desa/kelurahan akan diberikan bimbingan teknis (Bimtek) mengenai tata cara pelaksanaan pemilukada, serta pemahaman atas tanggung jawab dan tugas yang diemban dalam menciptakan pemilukada yang demokratis.

“Mereka nanti dipersiapkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada PPK dan PPS, sehingga mereka benar benar mengerti akan tugas dan tanggung jawabnya, “ katanya

Untuk pelaksanaan Bimtek bagi PPK se Kabupaten Pelalawan akan di pusatkan di satu tempat di Pangkalan Kerinci, semua PPK yang berjumlah 60 orang secara bersama mendapat bimtek dari panaitia.

“Kalau untuk PPS, bimtek nya dilaksanakan di kecamatan masing masing,” imbuhnya

Setelah para PPK dan PPS mendapat bimtek, Nasar berharap adanya kesatuan pandangan antara KPUD Pelalawan dengan PPK dan PPS untuk meyukseskan pemilukada Pelalawan Desember nanti.

“Kita penyelenggara pemilu, kelancaran dan kesuksesan pemilukada nanti adalah tujuan kita,”tegasnya

Terkait dengan persiapan yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemilukada nanti, Nasar juga mengatakan bahwa Pemkab Pelalawan segera mencairkan dana awal sebesar tiga Milira rupiah kepada KPUD untuk dipergunakan dalam kegiatan persiapan pemilukada.

“Dalam beberapa hari ke depan dana awal sudah masuk ke rekening KPUD, jadi kegiatan yang kita jadwalkan untuk persiapan pemilukada tidak ada kendala,” tuturnya

Dana awal tersebut, janji Nasar akan dipergunakan oleh pihaknya seefektif dan seefisien mungkin untuk menyukseskan pelaksanaan pemilukada nanti.

“Akan kita pergunakan seefisien mungkin, dana tersebut kan baru dana awal dari 21,8 Miliar yang dianggarkan,” pungkasnya

Wartawan :Apon

Tulis Komentar
comments powered by Disqus