Pekerja RAPP Gelar Upacara Peringatan K3

Selasa,27 Januari 2015 | 09:50:00
Pekerja RAPP Gelar Upacara Peringatan K3
Ket Foto : Pelaksanaan upacara peringatan K3 di lingkungan PT.RAPP

Pangkalan Kerinci – Seratusan karyawan dan kontraktor yang ada di lingkungan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) mengikuti upacara peringatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Senin (26/1) di Lapangan Merdeka, Riau Komplek, Pangkalan Kerinci. Upacara K3 tersebut merupakan salah satu rangkaian acara perayaan tahunan bulan K3 Nasional 2015 yang digelar PT RAPP sebagai salah satu upaya membudayakan K3 di dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam amanat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI yang disampaikan Bupati Pelalawan melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja, Drs. Nasri Fiesda Elly mengatakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi di sektor ketenagakerjaan adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik yang akan masuk dunia kerja maupun yang sudah bekerja.

“Menuju tercapainya visi K3, kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 tahun 2020, maka dibutuhkan usaha nyata guna peningkatan kualitas SDM melalui beberapa aspek, di antaranya optimalisasi kepada lembaga pelatihan dan lembaga pendidikan guna menciptakan kualitas SDM yang kompeten, produktif dan berdaya saing. Di sisi lain, peningkatan kompetensi SDM juga harus dimiliki dengan pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja,” katanya.

Ditambahkan Kadisnakertrans, K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenaga kerjaan, di samping perlindungan jaminan sosial, kebebasan berserikat, hubungan kerja dan sebagainya serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya sampai kepada keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Sesuai Undang-undang No. 1 tahun 1970 tentang K3, bahwa kegiatan kerja tidak hanya mencakup keselamatan dan kesehatan kerja perorangan saja, tapi juga bagaimana kita dapat mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi supaya dapat digunakan secara aman efisien dan terhindari dari kecelakaan dan penyakit akibat kecelakaan,” ungkap Nasri.

Turut hadir dalam kegiatan upacara tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan, Saniman, dan Monang Pasaribu, Direktur Operasional PT RAPP, Mhd Ali Shabri, Direktur HRD, Willim, Pimpinan Bisnis Unit, Eduward Ginting, Patrick McBride, LP&C Manager, Robert L. Sitorus dan sejumlah jajaran manajemen lainnya.

Dalam upacara tersebut juga diberikan penghargaan kepada karyawan maupun kontraktor yang berprestasi dalam menerapkan K3 di lokasi kerjanya. Salah satunya, Abdul Rozi Dana, dari Departemen Evaporator, Riau Prima Energi (RPE), yang berhasil meraih juara 1 sebagai The Best Process Safety Engineer (PSE). Menurut Rozi, prestasi tersebut merupakan hasil komitmen dan komunikasi yang baik di antara semua pihak dalam menuju zero accident atau tanpa kecelakaan.

“Tentunya kami senang dan akan terus meningkatkan program K3 terutama di departemen kami di Evaporator. Meski tantangan masih cukup besar, namun jika didasari oleh komitmen dan komunikasi yang lancar, tentu K3 ini bisa menjadi budaya bagi kita semua,” ungkap Rozi yang sudah bekerja selama 14 tahun.

Senada dengan Yusup P. Hutagalung (29), salah seorang kontraktor yang berhasil meraih juara 1 sebagai Safety Month Contractor 2014. Yusup dengan bangga menjelaskan pentingnya melakukan tindakan safety (aman) di setiap peralatan yang akan digunakan.

 “Kita harus pandai-pandai dalam bekerja, jangan kerja semrawut, lalu perhatikan area kerja kita apakah aman atau tidak termasuk peralatannya,” kata pria lajang yang baru 2 tahun bekerja di salah satu perusahaan kontraktor bidang Chemical ini.

Di akhir upacara, sebuah pesawat remote control diterbangkan sambil membawa pesan budaya K3 dengan spanduk yang diikat di bagian ekor pesawat tersebut guna meningkatkan semangat K3 yang dipersembahkan oleh tim aeromodelling karyawan PT. RAPP. (rls/yumi)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus