10 Hotspot Terpantau di 3 Kecamatan Pelalawan

Jumat,23 Januari 2015 | 02:41:00
10 Hotspot Terpantau di 3 Kecamatan Pelalawan
Ket Foto : hotspot/api

Pangkalan Kerincin - Saat ini terdapat 10 titik hotspot ( titik panas ) yang terpantau di satelit  Terra Qua    tersebar di 3 Kecamatan yakni di Kecamatan Kuala Kampar 2 tiitk, Kerumutan 2 titik Dan Kecamatan Teluk Meranti 6 titik.

Demikian dikatakan oleh Kepala BLH  Pelalawan Samsul Anwar kepada, jumat (23/1). Menurutnya suhu cuaca di Pelalawan 33 derajat celcius dengan Ispu kategori sehat. " Memang kondisi cuaca sudah memasuki musim panas. Pihak bisa terus memantau perkembangan untuk dapat menjadi referensi dalam pencegahan.Memang ini masih titik panas untuk titik api nihil," ujarnya.

Dikatakan Samsul Anwar, pihak BLH sudah menyebarkan Surat edaran dari Bupati Pelalawan HM. Harris kepada seluruh SKPD, instansi, Keamatan, perusahan, Kantor Dan sebagainya." Adapun isi dari Surat edaran berisi langkah - langkah mengantisipasi karhutla sera sanksi yang diberlakukan bagi pelanggar karhutla. Untuk sanksi sesuai Undang- undang nomor 14 tahun akan 2014 tentang perkebunan dan kehutanan serta UU 29 tahun 2009 tentang Pengelolaan perlindungan lingkungan hidup," ujarnya.

Sementara itu,Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dan Pemadam Kebakaran Daerah ( BPBPKD)  Kabupaten Pelalawan Abu Bakar FE,M. AP  mengatakan membenarkan bahwa dalam sepekan ini masih 10 titik hotspot yang terpantau di Pelalawan. "Data sepekan ini masih 10 hotspot. Untuk titik api kemaren memang  Ada1 di Rantau Baru Bawah belakang SMA 2 dilahan sawit warga. Hanya setengah hektar saja yang terbakar dan api berhasil kita padamkan semalam," ujarnya.

Dilanjutkan Abu Bakar, pihaknya hingga kini belum mendapatkan informasi keberadaan titik api dari pihak Kecamatan. Namun pihaknya Terus stanbay dengan melakukan pantauan Dan patroli rutin. " Kita stanbay dalam mencegah karhutla. Personil selalu siaga Terhadap laporan titik api.," tutupnya.

Tulis Komentar
comments powered by Disqus