Pasca Pengesahan APBD 2015

Satker Diminta Percepat Pelaksanaan Kegiatan di Awal Tahun

Selasa,16 Desember 2014 | 09:02:00
Satker Diminta Percepat Pelaksanaan Kegiatan di Awal Tahun
Ket Foto : Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan H. Abdullah A.Md

PANGKALAN KERINCI (SP) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan telah menuntaskan pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) menjadi APBD tahun anggaran 2015 mendatang dengan nilai 2.183 Trliun Rupiah. Pengesahan yang dilaksanakan di bulan Desember 2014 ini menjadi prestasi tersendiri bagi Pemkab dan DPRD Pelalawaan yang sudah tiga kali menuntaskan pengesahan APBD lebih cepat dari jadwal yang seharusnya.

Disahkan nominal yang besar itu dimaksudkan sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran penyelenggara pemerintahan daerah dalam rangka pelaksanaan program pembangunan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat.

Dengan tujuan kesejahteraan masyarakat, maka pelaksanaan program kegiatan pembangunan oleh Pemerintah Daerah diharapkan lebih efektif dan efisien dilaksnakan oleh Satker di Pemkab Pelalawan.

Jika bercermin pada pengalaman tiga tahun terakhir, pengesahan APBD yang cepat tidak menjadi penentu keberhasilan pembangunan pada akhir tahun anggaran. Hal ini terjadi karena di banyak satker lebih memilih memulai kegiatan di akhir tahun. Sehingga kualitas proyek pembangunan menjadi tidak maksimal.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan Abdullah menegaskan bahwa untuk program kegiatan yang bersumber dari APBD tahun 2015, pihaknya akan melakukan pengawasan ekstra   terhadap kinerja satker yang melaksanakan pembangunan sehingga proyek proyek pembangunan dapat dijalankan di awal tahun anggaran.

“Tahun ini kita sudah sahkan APBD lebih awal, dimaksudkan agar satker lebih siap dalam menjalan program pembangunan diawal tahun nanti, tidak seperti tahun tahun belakangan, yang banyak di mulai pada penutup tahun, “jelasnya

Lebih lanjut dikatakan Politisi PKS ini, Untuk tahun 2015 nanti sudah tidak ada alasan bagi Pemkab dan Satker untuk menunda nunda dimulainya pelaksanaan kegiatan, karena semua perencanaan pembangunan sudah selesai, tinggal pelaksanaannya saja.

“ Oke lah, kalau tahun 2014 silam, kita terlambat melaksanakan kegiatan, karena kita baru pertama melaksanakan ULP, tapi untuk tahun ini tidak alasan lagi untuk memulai kegiatan di triwulan terakhir, harus di mulai dari awal tahun anggaran,”tambahnya

DPRD Pelalawan sendiri sudah melaksanakan hearing dengan seluruh SKPD terkait motivasi Pemerintah Daerah untuk mengejar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari auditor BPK. Untuk kinerja nyata dan cepat dibutuhkan setiap SKPD dalam melaksanakan kegiatannya.

“Pada hearing dengan SKPD beberapa waktu lalu, sudah kita sampaikan bahwa kita dukung sama sama program pak Bupati  dalam mempercepat pembangunan, apalagi 2015 ini adalah penghujung tahun RPJMD nya pak bupati, karena 2016 nanti sudah berakhir,”sambungnya

Untuk itu, Abdullah meminta setiap satker untuk dapat kerja ekstra dalam menuntas program kerja Bupati Pelalawan dimasa kepemimpinannya di periode ini, sehingga target target yang di susunnya dapat di capai untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

“Satker nya harus lebih ektra mempercepat pelaksanaan program pembangunan, kta harapkan di triwulan pertama sudah di mulai, seminim minimnya di awal triwulan kedua,” tegasnya kembali

Diakuinya, kualitas SDM pelaksana kegiatan juga memberi pengaruh cepat atau lambat nya jalannya kegiatan pembangunan, utnuk itu dirinya berharap, agar diadakan pelatihan kepada aparatur yang diebri tugas dan tanggung jawab mengurusi bidang bidang pembangunan sehingga apa yang hendak di capai oleh satker dapat di jalankan oleh pegawai yang memiliki kompetensi di dibidang itu.

“Ya, SDM di satker juga memberi pengaruh pada setiap pelaksanaan kegiatan, makanya kita minta di lakukan pelatihan agar sesuai harapan,” tuturnya

Tidak mau tercatat hanya sebatas cepat dalam pengesahaan APBD saja namun lamban dalam pelaksanaan kegiatan, DPRD Pelalawan sejak Januari 2015 akan melakukan pengawasan kepada setiap satker mengenai jadwal dan semua tahapan pembangunan.

“Langkah ini sebagai support kita kepada program pak Bupati yang menginginkan pembangunan tercapai, kalau kita masih bekerja di akhir tahun, banyak kendala yang akan muncul, seperti cauaca yang tidak bersahabat, waktu yang mepet sehingga kualitas pembangunan menjadi tidak maksimal, tapi kalau kita mulai di awal nya apa yang kita harapkan Insya Allah tercapai,” pungkasnya

Wartawan : Apon Hadiwijaya

 

Tulis Komentar
comments powered by Disqus