Akhir Tahun Cuma 4.8 persen

PAD Pelalawan Tak Capai Target RPJMD

Jumat,28 November 2014 | 06:06:00
PAD Pelalawan Tak Capai Target RPJMD
Ket Foto : PAD

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com) - Rendahnya Pandapatan Asli Daerah (PAD) Pelalawan, membuat sejumlah anggota Dewan angkat bicara. Salah satunya anggota Dewan dari PKS Abdullah, A. Md anggota komisi I DPRD Pelalawan.

Menurutnya, PAD Pelalawan belum tergali secara maksimal. Padahal dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab Pelalawan tahun 2011 - 2016 harus mencapai 10 persen.

" Tentunya target sebelum tahun 2016, PAD Pelalawan harus tercapai. Jika tidak, maka Pemkab tergolong lemah dalam memaksimalkan potensi pendapatan yang Ada didaerah. Sementara itu kebutuhan Kita terlalu besar. Hingga kini saja, PAD Pelalawan hanya 4,8 persen saja Dan masih jauh dari target yang diharapkan," ujar Abdullah kepada SP baru - baru ini.

Dikatakan Abdullah, Diantara PAD harus ditinjau ulang baik Perda amaupun peraturannya. Termasuk target pencapaian yang selama ini dinilai masih kecil. Contohnya saja PBB yang ditargetkan Rp. 14 Miliar

. Berkaca seperti Kota Dumai yang tergolong kecil PAD nya mencapai Rp.20 M.

Selanjutnya BUMD yang targetnya Rp.150 juta pertahun. Galian C targetnya RP. 500 juta pertahun, Walet yang memasang target Rp. 50 juta pertahun. " Meskipun sudah Ada target pencapaiaan masih sangat minim Dan jauh dari pencapaian. Seperti walet Dana survey lebih mahal hingga mencapai Rp. 60 juta, minus 10 juta dari target. Ini perdanya harus direvisi ulang. Jangan sampai malah merugikan Dan bukan pendapat yang didapat," ungkapnya.

Diharapkan kepada seluruh SKPD untuk memaksimalkan sektor PAD dengan peningkatan kinerja dan menggali penghasilan secara serius. " Sekarang ini Kita hanya berharap kepada dana perimbangan pusat ke Propinsi. Dana bagi hasil dan pajak. Sementara kebutuhan Kita besar, kalau semuanya mengalami penurunan, Kita juga yang kelabakan," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM. Harris dalam berbagai kesempatan saat ditanyakan soal PAD, mengungkapkan bahwa Pemkab Pelalawan telah melakukan evaluasi Dan koordinasi kepada seluruh SKPD untuk memaksimalkan potensi PAD yang ada.

" PAD itu target Kita yang harus tercapai. Kita telah evaluasi kerja Dan meminta sKPD untuk Serius menggali ini. Contohnya saja disektor pariwisata, Kita melakukan pengembangan untuk menambah PAD Kita seperti Gelombang Bono di Teluk Meranti Dan Danau Tajwid di Langgam. Diharapkan selain PAD bertambah, pertumbuhan perekonomian masyara kat juga mengalami peningkatan," pungkas Bupati. (Tim )

Tulis Komentar
comments powered by Disqus