UMK Pelalawan di Tetapkan 1.95 Juta

Serikat Pekerja Minta Disnaker Awasi Pelaksanaan Kenaikannya

Selasa,11 November 2014 | 07:42:00
Serikat Pekerja Minta Disnaker Awasi Pelaksanaan Kenaikannya
Ket Foto : UMK Pelalawan di tetapkan, Rp. 1.951.000

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com)  - Akhirnya, melalui musyawarah mufakat rapat bipartid penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Pelalawan yang pada Rabu pekan lalu alami deadlock, telah menetapkan UMK untuk daerah ini sebesar Rp 1.952.000. Penetapan UMK Kabupaten Pelalawan ini dihasilkan melalui musyawarah mufakat yang diikuti oleh Apindo, Serikat Buruh dan Disnaker yang digelar di Hotel Dika Raya, Selasa (11/11) .

"Alhamdulillah, akhirnya kita sudah menetapkan UMK untuk Kabupaten Pelalawan untuk tahun 2015 mendatang sebesar Rp 1.952.000," terang Kadisnakertrans, Drs Nasri Fiesda, melalui Kabid Hubungan Industrial Iskandar pada media ini via selulernya, Selasa (11/11).

Iskandar menjelaskan bahwa pada awalnya rapat penetapan UMK ini akan menggunakan sistim voting jika tak terjadi juga kata sepakat dari masing-masing pihak. Pada rapat itu, Apindo mengajukan UMK sebesar 1.930.000 sementara Serikat mengajukan UMK sebesar 5 persen dari UMP yakni 1.971.000.

"Sedangkan dari pihak kami, ada dua opsi yang kami tawarkan yakni 1.951.000 dan 1.966.000. Namun ternyata hasil yang kembali diajukan malah keluar dari empat (4) kesepakatan itu," ujarnya. 

Kemudian, sambungnya, berdasarkan musyawarah mufakat akhirnya rapat bipartid menetapkan besaran UMK untuk tahun 2015 mendatang sebesar Rp 1.952.000. Atas penetapan UMK ini, Disnaker akan melaporkan hasilnya ke Bupati Pelalawan. Dan nanti dari Bupati akan direkomendasikan ke Gubernur Riau untuk mendapatkan Surat Keputusan-nya.

"Apalagi kita yakni Kabupaten/Kota memang harus mengajukan besaran UMK untuk tahun 2015 itu paling lambat tanggal 21 November mendatang," tandasnya.

Disinggung soal jalannya rapat penetapan sendiri, iskandar menjelaskan bahwa rapat berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. Namun usai penetapan UMK, Serikat ada sejumlah permintaan diantaranya meminta pada Disnaker agar pelaksanaan UMK ini benar-benar dapat diawasi.

"Artinya, penetapan UMK ini jangan hanya sebatas konsep atau wacana saja tapi harus ditindaklanjuti. Kemudian ada kronologis penegasan dari kesepakatan penetapan UMK itu sendiri dan yang terakhir yakni adanya peningkatan kesejahteraan bagi para anggota dewan pengupahan Kabupaten Pelalawan," tutupnya.

Wartawan : Apon Hadiwijaya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus