Persiapan MTQ ke 13 di Langgam

Faisal Kecewa, Perusahaan Tak Komit Membantu

Selasa,11 November 2014 | 07:16:00
Faisal Kecewa, Perusahaan Tak Komit Membantu
Ket Foto : Camat Langgam, Faisal S.STP

LANGGAM (PelalawanNews.com) - Kecamatan Langgam dipercayakan untuk menyelenggarakan Mushabaqah Tilawatil Qur an (MTQ) ke 13 tahun 2014 nanti, untuk menyukseskan aagenda tahunan Pemerintah Daerah itu, Pemerintahan Kecamatan Langgam terus melakukan berbagai upaya untuk kelancaran kegiatan nanti.

Walaupun dalam pelaksanaan nya nanti akan dibentuk panitia MTQ ke 13 oleh Pemkab Pelalawan, namun untuk lebih memantapkan persiapan selaku tuan rumah, Pemerintah Kecamatan Langgam sudah membentuk panitia lokal.

Sebagaimana diungkapkan oleh Camat Langgam Faisal S.STP kepada SP mengataan bahwa saat ini pihaknya sudah membentuk panitia lokal yang telah mulai bekerja, mengingat tugas nya menyangkut hal ha sedetil mungkin, sehingga peran panitia lokal tidak bisa diabaikan.

“Sudah kita bentuk panitia lokal, tugas nya untuk mencari pemondokan untuk kafilah, mencari dewana juri, serta mempersiapkan kafilah MTQ dari Kecamatan Langgam sendiri,” ungkapnya

Lebih lanjut dikatakan Faisal, Dalam pelaksanaan tugas tugas panitia lokal ini terasa terbantu dengan adanya antisiasme dari masyarakat untuk menyukseskan perhelatan lomba seni  baca Al qur an ini di daerah mmereka.

“Masyarakat antusias, jadi untuk pemondokan tidak ada masalah,” lanjutnya

Bukan sebatas pemondokan, partisipasi masyarakat dalam persiapan MTQ ke 13 ini seperti penimbunan tempat acara dan badan jalan yang akan di lalui kafilah merupakan swadaya masyarakat dalam bentuk tanah timbun.

“Masyarakat kita membentu tanah timbun, sehingga panitia tidak perlu mengeluarkan dana lagi, apa yang bisa di bantu masyarakat, pasti mereka dengan suka rela melakukannya,” katanya

Walau partisipasi masyarakat sudah didapatkan, tidak berarti persiapan MTQ ke 13 clear, mengingat besar nya perhelatan yang akan di gelar, perlu dukungan lebih dari berbagai pihak. Sebelumnya pihak Pemerintah Kecamatan Langgam sudah melakukan pertemuan dengan semua pihak yang ada di Langgam, mulai dari tokoh masyarakat, sampai kepada pihak pihak swasta diharapkan sumbangsihnya pada MTQ ke 13 nanti.

“Setelah di tunjukkan sebagai tuan rumah MTQ ke 13 lalu, kita sudah kumpulkan masyarakat, dan pihak pihak perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Langgam, pada saat ini semua nya berkomitmen untuk membantu menyukseskan nya,” tambah Faisal

Kesepakatan ang dibuat waktu itu, partisipasi aktif perusahaan untuk membenahi nfrastruktur yang ada, yang pada saat ini masih kurang layak untuk dipakai pada acara tingkat Kabupaten Pelalawan.

“Yang kita sepakai waktu bantuan perusahaan untuk membantu memperlebar badan jalan, penimbunan lapangan MTQ dan lapangan parkir bebas banjir, untuk penimbunan tersebut dibutuhkan tanah sebanyak 8.000 kubik

”tandasnya

Namun ketika persiapan terus di gesa, pihak pihak pernah menyatakan diri bagian dari masyarakat Langgam dan berkewajiban untuk menyukseskannya malah tidak terdengar beritanya lagi, ketika dikonfirmasi pun tetap tak bergeming.

“Itulah yang menjadi kekecewaan kita terhadap sikap perusahaan yang ada di Langgam ini, kemarin katanya mau membantu, sekarang malah diam saja, padahal kita sudah surati tentang komitmen mereka pada MTQ ke 15 nanti,” katanya

Atas kekecewaan tersebut, Faisal akan melaporkan hal itu kepada Bupati Pelalawan, karena pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan merupakan perhelatan bersama dan harus di dukung semua pihak yang ada di kabupaten Pelalawan khususnya pihak pihak yang ada di kecamatan yang bertindak selaku tuan rumah.

“Arahan bapak bupati untuk melibatakan semua pihak termasuk perusahaan untuk menyukseskan MTQke 13 nanti, kemarin mereka pernah berkomitmen sekarang sudah tidak peduli lagi, tentu ini akan menjadi bagian dari laporan kita ke bapak bupati terkait persiapan kita menghadapi MTQ di Langgam nanti,” tegasnya

Faisla juga mencatat, ada nama nama perusahaan yang telah memberikan banatuannya baik berupa dana maupun alat berat, seperti PT.MUP yang membantu meminjamkan alat beratnya, dua perusahaan lainnya PT. Turba Jorong dan CV. Sawit Mas Nusantara berbentuk dana.

“Cuma ada tiga perusahaan yang telah membantu kita, yang lainnya tidak ada,”pungkasnya

Wartawan : Apon Hadiwijaya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus