Terkait Penerimaan CPNS 2014

Andi Bantah Mundurnya PPTK Karena Adanya

Selasa,04 November 2014 | 10:45:00
Andi Bantah Mundurnya PPTK Karena Adanya
Ket Foto : Kepala BKD Pelalawan, Andi Yuliandri S.Kom

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com) - Di sebabkan sudah tiga tahun puasa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pelalawan, ditambah lagi adanya wacana lima tahun kedepan penerimaan CPNS dtiadakan,  sehingga pada penerimaan tahun 2014 ini minat putra putri Kabupaten Pelalawan semakin besar (all out), Semangat untuk menjadi abdi negara itu di buktikan dengah gigihnya melengkapi  berbagai syarat untuk bisa mendaftar CPNS. fokus menghadapi rentetan tahapan seleksi yang dimulai dari seleksi administrasi sampai pendaftaran via online dan pendaftaran ulang di BKD Pelalawan dilaksanakan oleh para pelamar.

Tiba tiba saja gas kencang yang di tunjukkan peminat Korpri selama ini di berbagai trek penerimaan CPNS Kabupaten Pelalawan mengendur, asa di dipelupuk mata berseragam kuning tua ini luntur.

Sikap pemistis ini dipicu oleh datangnya isu kencang di yang beredar di tengah pelamar CPNS Kabuppaten Pelalawan bahwa 234 formasi yang disediakan untuk pendatang baru abdi negara ini sudah terisi oleh nama nama titipan.

Isu kecurangan dalam penerimaan di Pemkab Pelalawan menjadi pemantik hancurnya semangat berkonpetisi sehat antar anak negeri untuk menjadi satu dari 234 orang lainnya yang bakal di terima nanti.

 Santer terdengar untuk satu kursi CPNS dihargai 150 juta, sedangkan pelaksanaan test baik CAT dan test wawancara nanti nya hanya bersifat formalitas belaka.

“Tidak ada harapan untuk bisa lulus CPNS, karena nama nama yang bakal lulus sudah ada di meja BKD, untuk apa giat giat belajar menghadapi test nanti kalau hanya menjadi penggembira saja,” ungkap salah seorang pelamar CPNS Pelalawan 2014 yang mengaku bernama Rahmad.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang masyarakat Pangkalan Kerinci Firman (34), yang mengatakan bahwa walaupun kementerian PAN dan RB telah menggaransi tidak adanya kecurangan dalam penerimaan CPNS, namun celah untuk bermain selalu ada, bagaimana pun baiknya sistem pada ada peluang untuk bermain curang.

“Kalau menurut saya celah itu ada, permainannya mungkin bekerjasama  dengan oknum di pusat sehingga  apapun jawabannya di test CAT nanti, dipastikan lulus nilai ambang batas kelulusan (Passing Grade), sedangkan  untuk test wawancara 100 persen di tangan Pemerintah Daerah, keyakinan saya akan  hal itu memang besar, ” katanya berasumsi

Keraguan Rahmad dan ribuan pelamar CPNS Kabupaten Pelalawan 2014 ini dikuatkan dengan beredarnya berita mengenai mundurnya Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan(PPTK) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil(CPNS) Badan Kepegawaian Daerah(BKD) Kabupaten Pelalawan dengan alasan tidak mau terlibat dalam praktek kecurangan penerimaan CPNS.

Namun ketika SP mengonfirmasi hal ini kepada PPTK Penerimaan CPNS BKD Pelalawan M. Fredesman.SP membantah pengunduran dirinya dari PPTK disebabkan adanya praktek kecurangan dalam penerimaan CPNS tahun ini.

“Tidak ada itu, saya bukannya mundur disebabkan oleh isu tersebut,” jelas Fredesman

Lebih lanjut diikatakannya, alasan mundurnya dari PPTK Penerimaan CPNS lebih disebabkan ketidkamampuannya dalam melaksanakan tugas yang sangat besar ini.

“Saya mundur karena saya merasa memang tidak mampu untuk menerima tugas itu,” lanjutnya seraya mengatakan bahwa keputusannya itu bukan tiba tiba melainkan sudah dipikirkan secara matang.

Kepala BKD Pelalawan Andi Yuliandri,S.Kom membantah adanya kecurangan dalam penerimaan CPNS tahun ini. Semuanya masih berjalan sesuai dengan aturan yang yang berlaku dalam penerimaan CPNS.

“Saya tegaskan tidak ada titipan titipan itu, kalau ada yang bermain itu bukan saya, BKD tidak menerima titipan kelulusan CPNS,”tegasnya

Terkaitnya mundurnya  PPTK penerimaan CPNS, dibenarkan Andi, bahwa yang bersangkutan memnag telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai PPTK, namun  bukan disebabkan adanya kecurangan namun keinginan pribadi.

“Kalau kami menilai pengunduran diri itu karena yang bersangkutan tidak mampu untuk tugas tersebut,” lanjutnya

Kembali ditegaskan Andi, bagi pelamar CPNS 2014 untuk tidak mudah terpancing isu yang menyesatkan, semangat mengikuti seleksi CPNS untuk tidak mengendur.

“Saya himbau kepada pelamar CPNS untuk mempersiapkan diri dengan sungguh sungguh, jangan ada keraguan akan adanya kecurangan dalam penerimaan CPNS di Pelalawan ini, Insya Allah kita akan fair dalam semua tahapan,” imbuhnya

Namun jika ada yang mendapatkan informasi mengenai keterlibatan BKD dalam kecurangan penerimaan CPNS, dirinya siap dikonfrontir dengan sumber informasi itu.

“Saya siap mempertanggungjawabkan jika hal itu terbukti benar,”pungkasnya (Tim)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus