Menuju Pelalawan 1

Lima Nama Mencuat

Rabu,24 September 2014 | 06:14:00
Lima Nama Mencuat
Ket Foto : Siapa yang bakal menduduki kursi Bupati Pelalawan 2016-2021

Meski secara periodik masa jabatan Bupati HM.Harris  dan Wakil Bupati Drs.H.Marwan Ibrahim akan berakhir pada 2016,namun bursa calon Bupati pimpinan daerah mulai hangat diperbincangkan masyarakat Pelalawan. Mulai dari sekedar obrolan kedai kopi hingga masuk kedalam perbincangan para pejabat Negeri ini.

Tak hayal sejumlah nama disebut - sebut akan maju pada pada bursa calon Bupati 2016 mendatang.Dari pengamatan Seputar Pelalawan di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan,maka dapat disimpulkan sederetan nama yang hangat diperbincangkan untuk maju di bursa calon Bupati Pelalawan.

Diantaranya adalah HM. Harris yang kini masih menjabat sebagai Bupati Pelalawan, Drs.H.Zaini Ismail yang kini menjabat Sekdaprov Riau, H.Zukri Misran Anggota DPRD Propinsi Riau,H.Husni Thamrin SH yang juga anggota DPRD Propinsi Riau.Tidak ketinggalan Drs.H.Abdul Anas Badrun

Siapa yang tak kenal dengan seorang HM.Harris yang memiliki segudang pengalaman dalam berorganisasi dan politik. Selama tiga periode menjabat sebagai Ketua DPD II GOLKAR Kabupaten Pelalawan.Pernah menjabat sebagai  Ketua Umum Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) Periode Tahun 2005 s/d 2010.Dua periode menjadi Ketua DPRD Pelalawan.Kini jabatannya sebagai Bupati Pelalawan seolah tak tergantikan.

Zaini Ismail yang kini menjabat sebagai Sekdaprov Riau sedikit banyak sangat mengenal Kabupaten Pelalawan.Dirinya pernah menjabat sebagai Camat Pangkalan Kuras Kabupaten  Kampar (1997) sebelum Pelalawan dimekarkan.Pernah menjabat Pj. Kepala dinas pendapatan Kabupaten  Pelalawan (2000) dan

Pj. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pelalawan (2002).Wajar saja nama Zaini Ismail disebut - sebut punya kans  di bursa Calon Bupati Pelalawan.

H.Zukri Misran  yang saat ini menjadi anggota DPRD Propinsi Riau yang sudah terpilih dua periode (2009-2014 dan 2014-2019) disebut - sebut akan membuat kejutan pada Pilkada 2016 mendatang jika ikut dalam bursa Calon Bupati.Tokoh muda Pelalawan yang punya jejak politik  cemerlang bersama PDIP ini dinilai memiliki massa yang mumpuni dalam bersaing merebut kursi Pelalawan 1.

H.Husni Tamrin,SH kini menjabat sebagai anggota DPRD Riau periode  2014-2019 dari Partai Gerindra .Pernah   mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Bupati bersanding dengan T.Khalil Jaafar.Meski saat itu kalah dalam perolehan suara,namun H.Husni Tamrin masih disebut - sebut memeliki kekuatan yang patut diperhitungkan jika maju sebagai Calon Bupati Pelalawan.

Terakhir Drs.H.Abdul Anas Badrun yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Pelalawan dimasa kepemimpinan HT.Azmun Jaafar.Praktisi partai demokrat dan juga mantan Caleg DPR RI (2014-2019). Dirinya bersama Narsum sempat memberikan warning terhadap pasangan HM.Harris dan Marwan Ibrahim pada Pilkada 2011 lalu dimana selisih persentase suara yang ketat antara kedua pasangan. Disebut - sebut masih memiliki peluang dalam persaingan Pilkada 2016 mendatang.

Ir.H.T.Edi Sabli,M.Si yang kini menjabat sebagai Ketua LKAm Pelalawan yang juga anggota KPU Propinsi Riau.

Kelima nama tersebut kerap disebut sebut bakal maju dalam busa calon Bupati Pelalawan 2016 mendatang.

Sementara itu,Ketua Lembaga Kerapatan Adat Melayu (LKAM) Kabupaten Pelalawan Ir.H.T.Edi Sabli,M.Si kepada SP mengungkapkan bahwa hal yang wajar bila masyarakat Kabupaten Pelalawan saat ini memperbincangkan sosok pemimpin Kabupaten Pelalawan

“Menurut Saya hal yang wajar.Ditambah dengan masuknya sejumlah nama - nama baru dalam bursa Calon Bupati maupun Wakil Bupati Pelalawan meskipun periode kepemimpinan Harrris - Marwan masih tergolong lama yakni tahun 2016.” Paparnya.

Dilanjutkan Edi Sabli,intinya seorang pemimpin harus punya misi dan visi yang jelas untuk membangun Kabupaten Pelalawan.” Terutama sekali harus memperhatikan sisi keseimbangan antara pembangunan fisik dan pembangunan non fisik yang lebih kepada pembangunan kpribadian mental masyarakat sendiri.Seperti implementasi adat - istiadat dalam kehidupan masyarakat.Keseimbangan harus diperlukan seiring dengan peraturan daerah yang dibuat dengan tetap memegang hukum adat yang menjadi ciri khas mayarakat Melayu Pelalawan.” Ujarnya.

Disinggung soal majunya sejumlah nama dari golongan muda dalam bursa. Calon  Bupati dan Wakil Bupati,Edi Sabli menyatakan hal tersebut sebagai suatu kewajaran dalam berdemokrasi.” Semua orang punya hak untuk maju dan dipilih oleh masyarakat.Terpenting punya niat baik dan tulus mengabdikan diri kepada masyarakat dan siap melayani masyarakat.

Saat ditanyakan keikutsertaan dirinya dalam bursa calon Bupati Pelalawan,Edi Sabli dengan senyumnya mengungkapkan bahwa dirinya siap maju jika diinginkan masyarakat.” Saya belum bisa jawab ya atau tidak.Kita lihat saja nanti dinamikanya seperti apa.Sekali lagi Saya katakan semua orang meiliki hak yang sama untuk dipilih sebagai pemimpin termasuk Saya pribadi.” Terangnya.

Sementara itu Tokoh masyarakat Pelalawan H.M.Nasir yang juga Ketua Majelis Kemajuan Pembangunan (MKP)  Kabupaten Pelalawan menungkapkan bahwa pengkajian secara pribadi atau personal tentu tidak bisa disebutkan,namun paling tidak ada 3 hal yang harus menjadi perhatian bagi Calon Pemimpin di Pelalawan ini.”

“ Yang pertama Punya Niat dan keinginan yang mulia untuk bekerja demi masyarakat Pelalawan.Kedua punya misi dan visi yang jelas dan nyata dalam peningkatan pembangunan dari berbagai sektor demi kemajuan Pelalawan.Ketiga lebih fokus dalam pengentasan kemiskinan. Peka dan merasa bahwa masyarakat yang miskin harus diperhatikan.” Tukasnya.

(TIM)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus