Email Tak Berbalas, Pelamar CPNS Galau

Senin,22 September 2014 | 03:09:00
Email Tak Berbalas, Pelamar CPNS Galau
Ket Foto : Salah seorang pelamar CPNS Pelalawan tengah melakukan login ke wibsite sscn.bkn.go.id

PANGKALAN KERINCI (SP) – Secara bersamaan Pemerintah Propinsi Riau dan Kabupaten/Kota seluruh Riau membuka pendaftaran CPNS 2014 yang dimulai pada hari Sabtu (20/9) kemarin, batas waktu pendaftaran sampai tanggal 3 Oktober atau selang dua pekan sejak pembukaannya.

Untuk tahun ini Pemda Kabupaten Pelalawan membuka 82 formasi jabatan dengan jumlah kuota sebanyak 234.

Bagi para pelamar CPNS di Kabupaten Pelalawan dapat melakukan registrasi melalui website kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dengan http://panselnas/menpan.go.id.

Untuk pertama kalinya di Kabupaten Pelalawan pendaftaran melalui online membuat sebagian besar pelamar galau, beberapa calon pelamar gagal mendaftar dikarena data akependudukannya tidak sesuai.

“Ketika registrasi, data data yang dimasukkan sesuai dengan data di KTP, dan saat di klik Kirim, malah yang muncul pemberitahuan bahwa data yang dimasukkan tidak sesuai KTP, dan sudah beberapa kali mencoba lagi tetap saja hasilnya sama,”keluh Ahmad (25) yang mengaku baru pertama mengikuti test CPNS.

Pelamar lainnya, Lina mengaku tidak ada masalah dengan proses registrasi di panselnas, namun yang jadi masalah lama nya balasan dari email panselnas untuk username dan password.

“registrasi udah oke, namun sudah dua hari belum juga ada balasan dari panselnas, untuk daftar di website sscn belum bisa, kalau di tunggu sampai kapan ya?,” ujar penuh tanda tanya.  

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pelalawan Andi Yuliandri S.Kom mengingatkan kepada pelamar untuk secara cermat mengisi data data saat melakukan registrasi.

“Data yang masuk itu harus sesuai dengan data kependudukan karena tidak dapat di ulang lagi, akibatnya nanti akan merugikan bagi pelamar itu sendiri,” jelasnya

Setelah pelamar berhasil registrasi di situs panselnas, nantinya pelamar akan diberi username dan password untuk dapat login di website http://sscn.bkn.go,id yang di kirim lewat email.

“Pada waktu registrasi di panselnas, kan ada isian email lengkap pelamar, dan lewat email itu lah username dan password akan di kirim,” ujarnya

Menanggapi adanya keluhan sebagian pelamar yang menunggu lama kiriman username dan password lewat email dari panselnas, diterangkan Andi bahwa pelamar mesti bersabar untuk menunggu email itu.

“Yang sudah registrasi, insya Allah akan mendapatkan email dari panselnas, jadi pelamar tidak perlu kwatir tentang itu”lanjutnya

Alternatif lainnya, jika tidak menerima email  dari panselnas, beber Andi, pelamar bisa langsung saja login ke website nya http://sscn.bkn.go.id dengan cara masukkan NIK dan password saat registrasi di Panselnas.

“Atau langsung saja mendaftar dengan login mempergunakan NIK dan passwordnya kan ada saat registrasi sebelumnya di panselnas, “pungkasnya

Wartawan : Apon Hadiwijaya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus