Kemeriahan Pesta Rakyat di Pangkalan Seminai

Kamis,21 Agustus 2014 | 02:35:00
Kemeriahan Pesta Rakyat di Pangkalan Seminai
Ket Foto : Panjat pinang

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com) - Untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 69, masyarakat Pangkalan Seminai RT/RW 04/04 Kelurahan Kerinci Kota dan sekitarnya mengadakan pesta rakyat dengan berbagai hiburan dan permainan, diantaranya lomba panjat batang pinang, lari karung, bawa kelereng dalam sendok dan menabur uang koin, tarik tambang dan masih banyak perlombaan yang meriah lainnya.

Ketua Panitia Kegiatan , Kilusman kepada SP mengungkapkan bahwa pihaknya dengan partisipasi seluruh warga di RW setempat selama satu minggu jelang peringatan detik detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sudah mempersiapkan berbagai persiapan agar suksesnya pesta rakyat tujuh belasan tersebut.

“Kita memang bentuk panitia agar acara pesta rakyat ini dapat berjalan dengan lancar, dan persiapan yang dilakukan lebih maksimal,” terangnya

Lebih lanjut dikatakannya, diadakannya pesta rakyat di Pangkalan  Seminai ini sebagai bentuk rasa syukur mengenang hari  kemerdekaan  Indonesia.

“Pesta rakyat ini setahun sekali diadakan, karena hari ini mempunyai nilai nilai sejarah yang sangat besar bagi bangsa kita, untuk itu, semua warga berbaur bersama warga lainnya dalam kegembiraan,” lanjutnya

Suksesnya penyelenggaraan pesta rakyat, diakui Kilusman karena didukungan dan partisipasi dari seluruh warga, baik dukungan dana maupun tenaga saling bergotong royong untuk memeriahkan peringatan HUT RI tahun ini.

“Alhamdulillah, semua warga kita mau ikut berpartisipasi aktif untuk memeriahkan pesta rakyat ini,” tutur Ketua RT 04 di RW 04 Pangkalan Kerinci Kota ini.

Walaupun panitia sudah menyiapkan berbagai perlombaan dengan berbagai hadiah menarik, namun lomba panjat pinang sangat memikat masyarakat untuk melihat keseruan para peserta lomba yang berjibaku dengan lumuran oli di pokok pinang, belum sampai setengah pohon peserta yang paling atas sudah meluncur turun merebahkan rekan rekan setimnya yang membantunya untuk meraih hadiah yang digantungkan panitia di puncak pohon pinang.

“Yang menjadi tontonan warga, ya keseruan di lomba panjat pinang, karena sangat susah, membutuhkan kesabaran dan kerjasama tim, dan hanya satu dari anggota tim yang dapat meraih posisi puncak, bagaimana semangat mereka untuk meraih hadiah itu, menimbulkan gelak tawa,” ujarnya

Keseruan panjat pinang diakui oleh salah satu peserta panjat pinang, Jhoni mengatakan bahwa dirinya sangat antusias mengikuti lomba panjat pinang, selain untuk  bersenang senang senang hadiah yang di gantungkan diatas pohon pinang itu menjadi daya tarik baginya dan teman teman setim nya.

“Kalau sendiri,tidak bisa mememanjatnya,licin, tapi kami ada lima orang, kalau batang pinang nya sudah tidak selicin pertama tadi, Insya Allah bisa mencapai hadiah itu,”cetusnya (Jo)

 

Tulis Komentar
comments powered by Disqus