Jawaban Dewan Atas Penyampaian LKPJ Bupati Pelalawan 2013

Kamis,19 Juni 2014 | 12:15:00
Jawaban Dewan Atas Penyampaian LKPJ Bupati Pelalawan 2013
Ket Foto : Pimpinan sidang jawaban dewan atas LKPJ Pemda Pelalawan

PANGKALAN KERINCI (PelalawanNews.com) - Untuk memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program dan  kegiatan Pemerintahan Daerah Kabupaten Pelalawan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk tahun anggaran 2013. Beberapa waktu lalu, Bupati Pelalawan sudah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Pelalawan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan untuk di bedah dan evaluasi setiap pelaksanaan program dan kegiatan yang anggarannya berasal dari APBD Pelalawan tahun Anggaran 2013.

Setelah  selesai dibedah. DPRD kabupaten Pelalawan menggelar Sidang Paripurna Penyampaian keputusan DPRD Pelalawan atas Senin (2/6) di Gedung DPRD Pelalawan.

Paripurna Penyampaian Keputusan DPRD Pelalawan Dipimpin Ketua I DPRD Pelalawan H Kasyadi SH didampingi oleh Ketua II Ikmal M dihadiri langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris, serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) kabupaten Pelalawan,  di ikuti oleh sejumlah kepala Satuan Kerja, kabag, Kakan yang ada di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutan pimpinan sidang, Kasyadi menyampaikan beberapa catatan kepada Pemerintah daerah terhadap beberapa kegiatan penyelenggraan pemerintahan yang belum maksimal. Catatan tersebut merupakan kesimpulan dari hasil peninjauan Panitia Khusus (pansus) di lapangan yang berkaitan dengan program pembangunan Pemda Pelalawan.

‘’Rapat Paripura Istimewa terkait LKPJ Bupati Pelalawan akhir tahun anggaran 2013 kita berikan beberapa catatan, sebagai rekomendasi bagi perbaikan penyelenggaraan pemerintah yang belum maksimal dari hasil temuan Panitia Khusus (Pansus) yang turun melakukan peninjauan,’’ ujar Kasyadi

Secara Umum, lanjut Wakil Ketua DPRD Pelalawan periode 2009-2014 ini  mengatakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat telah menunjukkan progress report yang baik,   namun beberapa catatan penting dari Dewan atas penyampaian LKPJ Bupati Pelalawan hendaknya mendapat tanggapan yang serius.

Catatan dan rekomendasi hasil keputusan wakil rakyat itu dibacakan oleh Drs Sozifao Hia, diantaranya Perencanaan kegiatan pembangunan fisik yang tidak dapat dilaksanakan maupun yang tidak selesai dilaksanakan tepat waktu, Seperti pada program Dinas Kesejahteraan Sosial (Diskessos) yang dinilai kurangnya kualitas dan kuantitas rumah layak huni maupun pada program bedah rumah yang harus disempurnakan. 

“Pelayanan terhadap masyarakat menjadi perhatian serius, kami lihat apa yang dilakukan selama ini masih kurang dan perlu ditingkatkan,â€┬Łbebernya

Disamping itu, pengadaan barang dimasing-masing SKPD diharapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Begitu juga pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) hendaknya meningkatkan pengawasan terhadap konservasi daerah aliran sungai (DAS) di beberapa perusahaan.

Catatan serius  juga ditujukan pada Dinas Pendidikan, tarkait bantuan perlengkapan sekolah untuk siswa keluarga miskin, pengangkatan guru honorer dan guru kontrak yang perlu diperhatikan. Dewan juga mempertanyakan pembangunan kantor Desa Makmur yang tidak terlaksana yang merupakan program Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pememrintahan Desa .

Dinas Pekerjaan Umum ditegaskan untuk memperhatikan kualitas kontruksi dan material yang dipakai agar pembangunan yang dilakukan memiliki daya tahan yang kuat dan masa pakai yang panjang.

Tidak luput dari catatan dewan terkait pembangungan Gedung Obat RSUD Selasih tidak sesuai dengan pekerjaanya, dan belum ada pembayaran antara kontraktor dengan pihak pemerintah daerah. Walau masa kerja sudah diperpanjang selama 50 hari kerja. Namun pihak kontraktor belum juga menyelesaikan. Jadi apabila ada pembayaran yang akan dilakukan harus ada landasan hukum dari PTUN.

Sementara Dinas Pertanian Tanaman Pangan, juga diminta untuk melakukan pembinaan dan penataan terhadap petani agar kedepan kabuapten Pelalawan dapat meraih predikat swasembada beras, setelah kecamatan Kuala Kampar merupakan penghasil padi terbesar di kabuapten Pelalawan. Sebagai salah satu peningkatan kesejahteraan masyarakat petani juga perlu dilakukan pelatihan dan penyuluhan agar hasil pertanian yang dicapai lebih maksimal.

Sedangkan untuk Dinas Kehutanan dan Perkebunan, diharapkan sebelum menyalurkan bantuan bibit bagi petani harus dapat dipastikan lahan petani tersebut siap untuk ditanam dan masuk dalam program unggulan di kabupaten Pelalawan. Begitu juga dinas Perternakan untuk meningkatkan kesejahteraan masya rakat, memberikan pelatihan bagi petani yang akan diberi bantuan ternak. Guna tercapainya program yang di inginkan.

‘’Dengan beberapa catatan dan rekomendasi tersebut dapat ditindaklanjuti secara maksimal oleh Bupati Pelalawan demi terciptanya kebaikan bagi masyarakat kabupaten Pelalawan,’’ ungkapnya.

Usai penyampaikan catatan dan rekomendasi  LKPJ Bupati Pelalawan, pimpinan sidang Kasyadi menyerahkan rekomendasi pada Bupati Pelalawan HM Harris.

Penulis :apon

 

Tulis Komentar
comments powered by Disqus