Pembukaan MTQ ke XIII DiTerpa “Mistik”

Sambutan Bupati Pelalawan di Serang Angin Kencang

Kamis,19 Juni 2014 | 11:26:00
Sambutan Bupati Pelalawan di Serang Angin Kencang
Ket Foto : Sambutan Bupati Pelalawan HM Harris pada pembukaan MTQ ke XIII tingkat Kabupaten Pelalawan

PELALAWAN (PelalawanNews.com)-Pelaksanaan Mushabaqah Tilatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Pelalawan tahun 2014 ini dipercayakan kepada negeri bersejarah Kecamatan Pelalawan sebagai tuan rumah.Berbagai persiapan sudah dimatangkan agar rentetan acara pembukaan agenda tahunan umat Islam di kabupaten Pelalawan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Sebagaimana di ketahui Kelurahan Pelalawan yang menjadi tempat berlangsungnya acara pembukaan MTQ ke XIII ini adalah negerinya para sultan, tempat berdirinya kerajaan Pelalawan dengan kemegahan Istana Sayap yang menjadi cikal bakal Kabupaten Pelalawan.

Persiapan yang dilakukan oleh Panitia pelaksana MTQ ke XIII di Kecamatan Pelalawan nyaris bernilai sempurna, kata sempurna tidak mungkin dialamat kepada sebuah hasil kerja manusia sebagai hamba Allah,karena kesempurnaan hanya lah milik Allah.

Namun kata nyaris sempurna itu diwarnai dengan beberapa pertanda alam, angin kencang yang datang tiba tiba menggoyangkan tenda tenda dan panggung akbar yang tertata rapi.

Kibasan angin dari langit Pelalawan disertai hujan lebat yang membubarkan barisan rapi para kafilah. Peristiwa itu terjadi bertepatan dengan akan dimulainya sambutan Bupati Pelalawan HM Harris.

Intermeso alam tidak menyurutkan semangat para tamu undangan, kafilah dan masyarakat yang antusias untuk melanjutkan jalan nya acara pembukaan MTQ ke XIII.

Sambutan orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan tetap dilanjutkan, disampaikannya, Pemerintahan yang dipimpinnya akan merealisasikan pembangunan bangunan bersejarah di kecamatan Pelalawan, Istana Sayap tahun ini.

“Sudah dianggarkan sebesar 25 Milair untuk pembangunan Istana sayap tahun 2014 ini,” ungkapnya

HM Haris juga memaparkan pembangunan baik fisik dan non fisik yang tengah digalakkan oleh Pemda Pelalawan.

Pawai taaruf yang selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan selama ini dalam pembukaan MTQ, tidak luput dari perhatian Ketua Koalisi Merah Putih di Kabupaten Pelalawan ini, menurutnya pawai taaruf jangan dipandnag sebagai unsur hiburan saja, melainkan dimaknai sebagai upaya menciptakan kesalaran dan kekompakan, salng berbagi dan kasih sayang sesama umat islam.

“Mulai saat ini perlu kita rubah cara pandang, pawai taaruf bukan lah sebagai hiburan dalam pelaksanaan MTQ ini, berjalan bersama kafilah dari masing amsing kecamatan atau kelompok partisan jelang pembukaan MTQ, melainkan bagaimana menciptakan umat Islan yang kompak dan saling saling sayang dalam kebersamaan,”terangnya

Untuk itu, Harris mengajak rangkaian kegiatan MTQ ini dapat diimplementasikan dlaam kehidupan sehari hari, semangat toleransi dan saling menghargai antar sesmaa anggota masyarakat.

“Jika semangat ini kita implementasikan dalam kehidupan seharai hari, yang muda menghormati yang tua, dan yang tua menyayangi yang muda, insya Allah tidak ada perpecahan dalam umat,” tegasnya

Pelaksanaan MTQ ke XIII tingkat Kabupaten Pelalawan yang selang bebarapa hari saja dengan bulan suci Ramadhan yang menjadi bulan keagungan bagi umat Islam. Diharapkan dapat memotivasi dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan nanti.

“Diharapkan pelaksanaan MTQ ini dapat meningkatkan minta baca Al Qur’an, memahami dan mengamalakan nilai nilai yang terkadung dalam Al Qur’an dalam kehidupan sehari hari,”imbuhnya

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Pelalawan HM Harris dan wabup H Marwan Ibrahim, Sultan Pelalawan H Kamarudin Haroen, mantan Bupati Pelalawan HT Azmun Jaafar, Wakil Ketua DPRD Kasyadi , unsur Forkompinda, Kadis, kaban, kakan, kabag di lingkangan Pemda Pelalawan, para camat, kafilah dan masyarakat yang antusias mengikuti setiap rangkaian acara pembukaan MTQ.***

Penulis : Joe Kampe

Tulis Komentar
comments powered by Disqus