Tahun 2015, Semua Sekolah Sudah Terapkan Kurikulum 2013

Jumat,25 April 2014 | 11:06:00
Tahun 2015, Semua Sekolah Sudah Terapkan Kurikulum 2013
Ket Foto :

PANGKALAN KERINCI (pelalawannews.com) - Demi memajuan dunia pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten pelalawan menargetkan pada tahun 2015 seluruh sekolah se-kabupaten pelalawan sudah menerapkan Kurikulum 2013.

Sebagaimana diketahui, penerapan program ini sudah dilakukan pada tahun lalu. Namun belum semua sekolah yang menerapkan. Hanya 18 sekolah yang diplot, masing-masing 9 SD, 5 SMP, 3 SMA  dan 1 SMK.  

Nama-nama sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 itu adalah, SD Negeri 05 Pangkalan kerinci, SD Negeri 06, SD Negeri 07, SD Negeri 09,  SD Bernas, SDS IT al-bayan, SD Swasta global taruna andalan, SD Swasta  mutiara harapan.

Untuk tingkat SMP, SMP bernas, SMP Negeri 2 Pangkalan Kerinci, SMPN 1 Pangkalan Kuras, SMPN 1 Kuala Kampar, dan SMP global andalan. Sedangkan untuk tingkat SLTA, SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci, SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci, SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras, dan terakhir SMK Negeri  1 Pangkalan Kerinci.

"Sesuai dengan target pemerintah kabupaten Pelalawan, penerapan kurikulum ini sudah dilaksanakan semua sekolah pada tahun 2015 nanti," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan MD Rizal melalui Kabid Kurikulum dan Siswa Salbiah, kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Salbiah mengatakan, jumlah sekolah yang akan menerapkan kurikulum baru ini masih sedikit dibanding jumlah sekolah yang ada di kabupaten Pelalawan.

"Sekolah yang menerapkan kurikulum baru tersebut merupakan bagian dari tahapan atau uji coba, dengan harapan nanti secara bertahap semua sekolah di Pelalawan bisa melaksanakan kurikulum tersebut," ujarnya.

Salbiah juga mengatakan, Kurikulum 2013 ini memiliki banyak kelebihan dibanding sebelumnya. Sebab pendidikan tidak sekedar dilakukan dengan teori saja, tapi juga memperbanyak praktek lapangan. Jika merujuk pada kurikulum sebelumnya, para siswa pasif, karena hanya mendengarkan penjelasan guru. Maka pada kurikulum baru 2013 ini siswa wajib aktif dengan membuat kelompok belajar serta praktek lapangan.
    
"Dalam pelatihan nanti tidak hanya diikuti oleh guru dari sekolah negeri saja, tapi juga swasta. Keterlibatan mereka dilakukan menginggat pentingnya kurikulum 2013 untuk diterapkan disemua jenjang sekolah. Target Disdik Pelalawan dalam waktu satu tahun atau 2015 mendatang semua sekolah sudah memakai kurikulum baru 2013,” pungkasnya.(joe)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus