Pembakar Lahan di Desa Pulau Muda, Dibekuk Polisi

Sabtu,03 Februari 2018 | 11:10:00
Pembakar Lahan di Desa Pulau Muda, Dibekuk Polisi
Ket Foto : Pengamanan Pelaku

TELUK MERANTI (PNC) - Kapolres Pelalawan berhasil mengamankan tersangka Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kamis (1/2/2018) sekitar Pukul 09:00 Wib.

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang melihat gumpalan asap di areal Tempat Kejadian Perkara (TKP), di daerah Comp K551 PT. RAPP Estate Meranti, Desa Pulau Muda yang di klaim masyarakat telah terbakar.

Kemudian, setelah mengetahui kejadian Karlahut tersebut personel Polsek Teluk Meranti yang di pimpin oleh kapolsek Teluk meranti IPTU Edi Hariyanto bersama Karyawan PT.RAPP, dan masyarakat turun melakukan pemadaman.

"Setelah berjibaku selama 2 hari, tim pun dapat memadamkan api yang membakar 2 hektar lahan gambut tersebut," terang Kapolres Kaswandi Irwan SIK malalui Kapolsek Teluk Meranti IPTU Edi Harianto kepada awak media, Sabtu (3/2/2018).

Selanjutnya, personel Polsek Teluk Meranti melakukan olah TKP dan membuat garis polisi (Police Line) di sekeliling lahan yang terbakar. Setelah dilakukan penyelidikan personel Polsek berhasil menemukan pelaku, berinisial MUS (46) yang juga warga Desa Pulau Muda.

"Pada saat di introgasi oleh petugas, pelaku mengakui bahwasanya, pelaku yang telah membakar," jelas nya.

Dari tangan pelaku ditemukan barang bukti 1 (satu) buah mancis warna merah merk Cricket, kemudian terhadap Pelaku di amankan ke Polres Pelalawan guna pengusutan lebih lanjut.

“Saat ini palaku beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Pelalawan, terhadap pelaku di jerat dengan Pasal 78 ayat (3) Jo Pasal 50 huruf d UU RI No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Pasal 56 ayat (1) Jo Pasal 108 UU RI No. 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan," ungkapnya.

Semantara itu, dengan kejadian tersebut Kapolres Pelalawan Kaswandi Irwan SIK, kepada awak media mengatakan dirinya menghimbau kepada warga Masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

"Hal ini terus kita sampaikan melalui spanduk himbauan dan sosialisasi Bhabinkamtibmas jajaran polres Pelalawan," tegas Kapolres. (Riz)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus