Berharap Dari Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

Puskesmas Kecamatan Pelalawan Serap Usulan Melalui MMD

Rabu,17 Januari 2018 | 07:45:00
Puskesmas Kecamatan Pelalawan Serap Usulan Melalui MMD
Ket Foto : Peserta MMD di Desa Sering

PelalawanNews.com (PNC) - Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dinyatakan bahwa Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan (UKP) tingkat pertama. Agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan.

Pada hari Rabu, tanggal 17 Januari 2018 Puskesmas Kecamatan Pelalawan melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bertempat di Gedung Pertemuan Desa Sering, dengan jumlah peserta lebih kurang 60 orang yang terdiri dari kader, kepala dusun, kepala Desa, Unsur kecamatan dan lintas sektor terkait. Seluruh peserta MMD sangat antusias dalam diskusi kelompok untuk mengidentifikasi masalah serta menetapkan prioritas masalah. Selanjutnya perwakilan warga desa, kader dan tokoh masyarakat ini secara bersama-sama menggali dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di wilayahnya sehingga muncul berbagai usulan rencana kegiatan untuk tahun 2019. Yang paling disorot oleh pihak Puskesmas Kecamatan Pelalawan adalah persentase masyarakat yang merokok sangat tinggi. Sebelumnya kegiatan ini telah dilaksanakan Puskesmas di beberapa desa lainnya seperti Desa Telayap, Batang Nilo Kecil dan Lalang Kabung

Kepala Desa Sering HM.Yunus K, dalam sambutannya bahwa pendanaan untuk berbagai macam usulan kegiatan program kesehatan ini diharapkan juga bisa bersinergi dengan perencanaan anggaran baik dari Desa maupun Kabupaten.

"Masalah kesehatan tidak hanya menjadi tanggungjawab puskesmas. Desa juga bisa turut berperan terutama untuk mensuport program kesehatan yang urgent dan dibutuhkan masyarakat melalui alokasi Anggaran Dana Desa (ADD), "Ujar Yunus.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kasi Pemerintahan Desa Sering Amirul Mukminin bahwa intinya desa siap memfasilitasi penyuluhan kesehatan dan desa nanti akan membentuk organisasi desa siaga dari seluruh elemen. "Terkait kawasan bebas rokok desa siap bekerjasama dengan BPD untuk membahas Perdes tentang kawasan merokok, "kata Mukminin

Masih ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Kecamatan Pelalawan Hj. Asmawati, SKM mengatakan MMD bertujuan untuk mencari permasalahan kesehatan di Desa itu sendiri.

"Nanti akan digali secara bersama-sama permasalahan kesehatan untuk dijadikan usulan diprioritaskan yang akan diusulkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) baik di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten. Berhubungan dengan usulan kesehatan sesuai dengan desa masing-masing untuk itu kami mohon kerjasama dari semua pihak, "harap Kapus yang biasa dipanggil Wati ini.

Secara umum kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tahun 2018 oleh Puskesmas Kecamatan Pelalawan telah berjalan dengan lancar dan berbagai macam usulan rencana kegiatan yang berasal dari hasil analisis kebutuhan masyarakat (Fikri).

Tulis Komentar
comments powered by Disqus