RSUD Selasih Operasikan Hemodialisa

Senin,29 Februari 2016 | 02:00:00
 RSUD Selasih Operasikan Hemodialisa
Ket Foto : Kabag TU RSUD Selasih, Kasnianton, bersama petugas hemodialisa dan mentor dari RSUD M Djamil

PANGKALAN KERINCI (PNC) - Kabar gembira bagi pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Kabupaten Pelalawan dan sekitarnya yang mengidap penyakit gagal ginjal kronis (GGK), pasalnya saat ini pihak RSUD sudah memiliki 4 unit alat Hemodialisa (Cuci Darah).

Direktur RSUD Selasih dr Ahmad Krinein melalui Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), Kasnianton menyebutkan, ditambahkannya 4 unit alat Hemodialisa itu merupakan untuk menunjang sarana pelayanan kesehatan yang berada di RSUD Selasih.

Sebab menurutnya selama ini pasien RSUD yang harus menjalani Hemodialisa hanya bisa mendapatkan rujukan ke RSUD Arifin Ahmad, padahal jumlah penderita penyakit gagal ginjal itu tidak sedikit yang berasal dari Pelalawan.

"Banyak pasien kita yang harus bolak balik ke Pekanbaru untuk mendapatkan pelayanan hemodialisa, jadi kita merasa perlu di sediakan fasilitas tersebut, ditambah lagi belakangan ini jumlah penderita semakin meningkat," terangnya.

Kedepan, mantan Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) itu berharap penderita GGK dapat memanfaatkan unit pelayanan yang disediakan oleh Rumah Sakit plat merah milik Pemkab Pelalawan itu.

"Jika pasien GGK tidak perlu lagi pergi ke Pekanbaru, maka secara tidak langsung dapat menghebat waktu dan biaya, ditambah lagi jarak yang ditempuh juga lebih dekat, jadi kita berharap fasilitas ini bisa dimanfaatkan," harapnya.

Tidak sampai disitu saja, dengan adanya fasilitas pelayanan ini, Ahmad menyebutkan pasien GGK yang berada di daerah Kabupaten Siak, Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil) juga bisa terbantu.

Apalagi, RSUD Selasih merupakan RSUD regional yang berada di atas tiga Kabupaten itu, "Sebelum dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad, kedepannya pasien yang berasal dari Inhu, Inhil dan Siak akan dirujuk ke RSUD Selasih terlebih dahulu," paparnya.

Sementara itu, dalam mengoperasikan alat Hemodialisa, pihak RSUD Selasih mendatangkan dua orang mentor dari RSUD M Djamil Padang, sebab alat yang digunakan untk mencuci darah itu sama dengan peralatan yang ada di RSUD M Djamil.

"Karena belum ada petugas teknis yang mengoperasikan alat itu, maka untuk sementara waktu akan dibimbing oleh duia mentor dari RSUD M Djamil," pungkasnya.(Ali)

Tulis Komentar
comments powered by Disqus